DAERAH  

Wabup Pimpin Apel Kesiapan Karhutlah di Mako Polres Madina

banner 120x600

Madina, haba RAKYAT | Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Sumatra Utara (SUMUT), Atika Azmi Utammi Nasution memimpin apel kesiapan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di lapangan mako Polres Mandailing Natal (Madina), Jumat (12/8/2022).

Di acara apel kesiapan Karhutlah tersebut langsung dihadiri Kapolres Mandailing Natal AKBP H Muhammad Reza Chairul Akbar Siddiq, SH., MH., Pabung Madina Mayor Inf. David Sidabutar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Mandailing Natal, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Rully Anriadi.

Atika Azmi Utammi Nasution dalam pidatonya mengatakan ada sebanyak 63 (enam puluh tinga) titik hotspot (titik api) dimana 36 titik tersebut cukup sulit ditemukan dikarenakan lokasi tidak mudah dijangkau, sedangkan 23 hiospot lainnya sudah ditemukan dan dipadamkan seperti di Kecamatan Siabu 1 titik hotspot dan Panyabungan 2 titik hotspot, kecamatan Kotanopan 4 titik Kecamatan Muara Sipongi 2 titik hotspot Kecamatan Batang Natal 1 titik hotspot, Lingga Bayu 6 titik hotspot, Batahan 4 titik hotspot, kecamatan muara batang gadis 25 titik hotspot.

Lanjut, Antika Azmi Utammi Nasution meminta kepada semua pihak untuk mengambil langkah sebagaimana diketahui bahwa bumi Mandailing Natal merupakan daerah yang rawan bencana alam kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan oleh manusia yang ingin membuka lahan dengan cara membakar.

Saya berharap kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal (Madina), selaku penanggung jawab terjadinya bencana agar secepatnya membentuk Satgas penanggulangan bencana alam kebakaran hutan.

Atika Azmi Utammi Nasution menyampaikan Polres Madina memiliki peran lembaga usaha dan juga tidak kalah pentingnya peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Mandailing Natal.

Elemen elemen seperti ini harus bersatu padu ketika terjadi bencana alam kebakaran hutan dan lahan agar penawarannya dapat lebih maksimal sesuai dengan yang diamanahkan oleh undang-undang nomor 24 tahun 2027 tentang penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan. (Udin -Paisal Lobe)

banner 325x300