banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Wow!! Dana BLT Yang Dikutip Oknum Aparatur Desa Akhirnya Dikembalikan

banner 120x600

Photo : Waliyuddin Ketua Tuha Peut Gampong Tanjong Dalam Selatan. Rabu, (13/7/photo/Ist/dok/hR).

Aceh Utara, haba RAKYAT | Setelah mendapatkan laporan dari beberapa
Keluarga Penerima Manfaat (KPM)
Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2022, Gampong Tanjong Dalam Selatan Kecamatan Langkahan Kabuputen Aceh Utara, terkait adanya dugaan pengutipan (pemotongan) dana BLT DD yang diduga kuat dilakukan oleh seorang oknum aparatur Desa setempat.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atau Tuha Peut Gampong Tanjong Dalam Selatan Kecamatan Langkahan langsung melakukan pengecekan terhadap KPM dalam beberapa dusun di gampong tersebut. Hal itu disampaikan ketua Tuha Peut Gp Tanjong Dalam Selatan Waliyuddin saat ditemui awak media. Rabu 13 Juli 2022.

“Dugaan pemotongan dana BLT yang diduga dilakukan (Ab) oknum Aparatur desa Tanjong Dalam Selatan yang terjadi pada hari Jum’at (8/7/2022), sebahagian sudah di kembalikan kepada KPM BLT tahun anggaran 2022 sebagaimana yang tertera dalam surat pernyataan,” kata Waliyuddin.

“Setelah kami mendapatkan laporan dari beberapa KPM BLT terkait dengan Dugaan pemotongan uang BLT yang dilakukan oleh oknum Aparatur Desa di Dusun Pante Ara, kami dari Tuha Peut langsung melakukan pengecekan terhadap beberapa KPM lainnya di dusun tersebut, dan ternyata benar adanya pengutipan sebesar 50.000 dengan dalih uang keamanan.

“Kemudian, kami langsung memanggil yang bersangkutan dan memerintahkan untuk segera mengembalikan uang tersebut kepada masing-masing KPM, dan harus dibuktikan dengan tanda tangan surat pernyataan, bahwa benar sudah dikembali kan dana BLT yang dipotong tersebut seutuhnya, sambil menunjukkan surat pernyataan kepada wartawan yang turut disaksikan oleh wakil Tuha Peut M.Rasyid,” jelasnya saat ditemui.

Berikut isi surat pernyataan KPM BLT:
“Kami yang bertanda tangan di bawah ini masing-masing : “Yang bahwa uang BLT yang diantarkan langsung ke rumah oleh Dusun Pante Ara bersama dengan Saudara M. Rasyid dan pernah dipotong sebesar Rp. 50.000. dengan dalih uang keamanan,
telah dikembalikan seutuhnya kepada kami selaku KPM BLT DD TA 2022″. Demikian surat peryataan ini kami perbuat dengan sebenarnya untuk dapat pergunakan dimana perlu. Tanjong Dalam Selatan 11 Juli 2022,” isi dari surat itu.

Ketua Tuha Peut Gampong Tanjong Dalam Selatan juga menerangkan terkait dengan banyaknya masyarakat miskin yang sudah dihapus namanya dari data penerima BLT. “Kami dari Tuha Peut akan melakukan verifikasi ulang data KPM BLT, karena untuk tahun 2022 ini, anggaran Dana Desa hanya 40% diprioritaskan untuk BLT, otomatis tidak akan cukup untuk semua KPM BLT DD Tanjong Dalam Selatan seperti tahun- tahun sebelumnya,” pungkasnya. (42/hR)

banner 325x300