banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Bebas Sampah, Jembatan Puteh Sigli Nyaman Dilintasi

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Bebas dari sampah serta bau menyengat, begitulah kondisi Jembatan Tutue Puteh Kota Sigli saat ini, sehingga nyaman saat dilintasi.

Warga sekitar dan pelintas tidak lagi membuang sampah di atas badan jembatan, hal ini tidak lepas dari upaya perangkat dan tokoh Gampong Pasi Rawa serta Gampong Kramat Luar Kota Sigli, yang turun langsung ke lokasi, sekaligus memasang spanduk yang bertuliskan larangan buang sampah di tempat itu.

Dengan pengawasan perangkat gampong, warga pun turut bergotongroyong membersihkan badan jembatan dari serakan sampah rumahan yang dibuang dalam bentuk bungkusan.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Pidie, Firman Maulana, S.STP., M.A.P., Selasa (17/05/2022) kepada awak media ini mengatakan, apresiasinya kepada perangkat dan warga Gampong Pasi Rawa serta Kramat Luar, khususnya lingkungan Singgah Mata, Cot Panyang, atas upaya menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita apresiasi terhadap perangkat dan warga Gampong Pasi Rawa serta Kramat Luar, Kota Sigli atas upaya yang mereka lakukan, sehingga Jembatan Tutue Puteh terbebas dari sampah,” ucap Kepala DLH Pidie.

Berharap apa yang telah dilakukan warga di Jembatan Tutue Puteh, juga akan diikuti di tempat lainnya, seperti di Krueng Tukah Blang Paseh dan Krueng Baro Kota Sigli. Dikedua tempat ini, warga ataupun pelintas masih saja membuang sampah, sehingga mengotori dan mencemari sungai, ungkap Firman Maulana.

“Harapan kita warga maupun pelintas tidak lagi membuang sampah sembarangan, tetapi pada tempat tempat yang telah disediakan, dan khususnya kawasan Kota Sigli, sudah kita sosialisasikan kepada para Keuchik,” ujarnya.

Sebelumnya, kondisi Jembatan Puteh Sigli mendapat sorotan dari berbagai pihak, pasalnya jembatan ini sempat dijadikan bak sampah oleh warga sekitar dan pelintas.

Setelah turun tangan perangkat gampong dan tokoh masyarakat Gampong Pasi Rawa serta Gampong Kramat Luar, jembatan ini menjadi bersih, tidak ada lagi yang membuang sampah, sehingga nyaman dilintasi. (AA/hR)

banner 325x300