DAERAH  

Buka Musrenbang 2023 Pidie, Abusyik : Musrenbang Untuk Kepentingan Masyarakat

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Bupati Pidie, Roni Ahmad, S.E.,M.M., (Abusyik) membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pidie tahun 2023, Selasa (29/03/2022).

Pada acara pembukaan ini, Abusyik turut didampingi oleh Plt Kepala Bappeda Pidie, H. Isnaini, S.T., M.Si dan pejabat yang mewakili Ketua Bappeda Aceh, di Gedung Pidie Convention Center (PCC) Sigli, Selasa (29/03/2022).

Acara Musrenbang tersebut mengambil tema “Peningkatan Pengamalan Syari’at Islam dan Pengembangan Pusat-pusat Komoditas Unggulan Berbasis Kemandirian Ekonomi Lokal Guna Mengatasi Dampak Covid -19”.

Dalam sambutannya Abusyik mengatakan, Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023 merupakan momentum yang penting, karena memasuki masa transisi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pidie Tahun 2017-2022.

Sejalan dengan hal tersebut, kita harus memperhatikan dan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan akselerasi pembangunan dalam mendukung pencapaian terhadap visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Pidie tahun 2006-2026.

Adapun visi RPJP Pidie 2006-2026, kata Abusyik, yaitu terwujudnya masyarakat Pidie yang sejahtera, dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlaqul karimah.

Lebih lanjut Abusyik mengatakan, forum Musrenbang ini memiliki arti yang strategis, karena dalam forum ini kita semua secara bersama-sama mengembangkan pemikiran untuk memberikan masukan tentang program-program dan kegiatan pembangunan prioritas yang akan kita laksanakan dalam satu tahun yang akan datang.

Pada bagian terakhir Abusyik menyampaikan, berdasarkan kompleksitas permasalahan pembangunan yang kita alami, saya mengharapkan melalui forum ini akan diperoleh masukan-masukan yang cerdas dan konstruktif bagi pembangunan Pidie ke depan.

Hasil musyawarah ini diharapkan mampu melahirkan RKPD Pidie 2023 yang berpihak kepada masyarakat, oleh karena itu mari kita berikan kontribusi secara maksimal, sehingga RKPD yang akan tersusun benar-benar sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

“Berilah kontribusi positif bukan untuk kepentingan kelompok, golongan atau pihak-pihak lain, tetapi murni untuk kepentingan pembangunan seluruh lapisan masyarakat, sehingga Musrenbang tahun ini benar -benar bermanfaat, demi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pidie,” demikian Abusyik.

Sementara, usai pembukaan Musrenbang, Plt Kepala Bappeda Pidie, H. Isnaini kepada media ini mengatakan, maksud pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Pidie adalah sebagai forum antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun RKPD Pidie 2023.

Serta merupakan media interaktif bagi seluruh stakeholder daerah untuk menetapkan dan menyepakati program dan kegiatan prioritas serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program atau kegiatan tahun 2023.

“Jadi itulah maksud dari pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Pidie tahun 2023,” jelas H. Isnaini.

Kemudian tujuan dari kegiatan ini, jelasnya lagi, ada 6 (enam) poin, yaitu pertama, melakukan penyempurnaan terhadap usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten melalui Musrenbang Kecamatan. Kedua, melakukan penyerasian dan penyempurnaan rancangan Renja SKPK.

Kemudian, Melakukan penyerasian program, kegiatan indikator serta lokasi kegiatan dan pagu anggaran yang disusun oleh SKPK sesuai dengan RPD Pidie 2023-2026. Keempat, menyepakati prioritas pembangunan Kabupaten serta program dan kegiatan prioritas Kabupaten.

Seterusnya, kata Ketua Bappeda Pidie, membangun komitmen bersama diantara stakeholder – stakeholder dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel. Terakhir, mensinergikan RKPD Kabupaten dengan RKPD Provinsi dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

“Inilah tujuan yang kita harapkan dari pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Pidie tahun 2023,” tutup Plt Kepala Bappeda Pidie, H. Isnaini.

Kegiatan Musrenbang ini diikuti oleh unsur Setdakab, unsur DPRK, Dinas / Badan / Kantor, Sekretariat MPU, MAA, MPD dan Sekretariat Baitul Mal, serta Kecamatan dan perwakilan masyarakat dari 23 Kecamatan dalam Kabupaten Pidie.

Turut hadir pada acara pembukaan Musrenbang Pidie 2023, Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, S.T., Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf. Abd Jamal Husin, serta unsur Forkopimda lainnya.

Tampak juga Sekda Pidie, H. Idhami, S.Sos., M.Si., para Asisten Setdakab dan seluruh Kepala SKPK, termasuk seluruh Pimpinan BUMN yang bertugas di Pidie.(AA/hR)

banner 325x300