Didukung Polres Pidie, Rafly Kande Sosialisasikan Bahaya Narkoba Lewat “Syiar Syair”

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Mencegah bahaya Narkoba, khususnya bagi generasi muda, Anggota DPD RI, Rafly Kande, lewat Syiar Syair nya menggugah masyarakat Pidie untuk berperan serta dalam pencegahan, pemberantasan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Kegiatan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan (bahaya narkoba) ini bertempat di lapangan sepakbola Gampong Gajah Aye, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, pada Sabtu (23/07/2022) dihadiri seribuan warga Pidie.

Selain Rafly lewat syiar syair nya yang menggugah warga untuk menjauhi narkoba, turut juga Kasat Res Narkoba Pidie, AKP Rahmat, S.H., sebagai pemateri.

Kepada sejumlah awak media, Kapolres Pidie, AKBP Padli, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili oleh Kasat Res Narkoba, AKP Rahmat, S.H., mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba, khususnya di wilkum Polres Pidie.

“Sosialisasi bahaya narkoba ini bertujuan agar masyarakat luas tahu akan bahaya narkoba. Diharapkan juga, dengan sosialisasi ini, masyarakat mempunyai kesempatan untuk berperan serta dalam membantu pencegahan dan pemberantasan narkoba yang semakin meresahkan”, jelas Kasat.

Masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya P4GN.

“Hak masyarakat dalam upaya P4GN diwujudkan dalam bentuk memberikan informasi kepada institusi terkait, tentang adanya dugaan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika”, ungkap Kasat.

Kata Kasat, ada tiga cara pendekatan, tujuan dilakukannya pengungkapan tindak pidana narkotika, metode pertama yaitu Supply Reduction, bertujuan memutus rantai pemasok narkotika, mulai dari jaringan kurir, pengedar, bandar dan produsen.

Kemudian dengan metode Demand Reduction, adalah memutus mata rantai para pecandu atau pengguna dan korban. Dan ketiga dengan metode Harm Reduction, merupakan pendekatan pengurangan dampak buruk terkait penyalahgunaan narkoba.

“Dampak yang ditimbulkan akibat menggunakan narkoba, Bek sagai keunong narkoba, meu cawoe-cawoe teuh, reuloh mandun, ” agama binasa, aneuk mumang, buet gadoh, keluarga anco dan generasi bagai”, demikian diucapkan Kasat, yang mengutip Syair Rafly Kande.

Bersama Rafly dan Kasat Res Narkoba Pidie, hadir ditempat tersebut, Anggota DPRK Pidie dari Golkar, Dan Bais wilayah Pidie, Camat Pidie, Danramil Pidie, Kapolsek Pidie, Imum Mukim, para Keuchik dan Tuha Peut se Kecamatan Pidie. (AA/hR)

banner 325x300