banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Imum Mukim Matang Keupula Minta Pemkab Aceh Timur Bantu Sepeda Motor Dinas

banner 120x600

Photo : Imum Mukim Matang Keupula Kecamatan Madat Aceh Timur Zubir H Manaf ketika menyerahkan piala MTQ tingkat Desa Ulee Ateung. (photo/dok/Raz).

Aceh Timur, haba RAKYAT | Sebagai pemegang amanah masyarakat tertinggi dari kumpulan setiap Desa (gampong), para Imum Mukim diharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, serta menghindari segala bentuk pelanggaran hukum termasuk hukum syariat Islam yang berlaku di provinsi Aceh.

Imum Mukim juga harus mampu meningkatkan perannya di setiap gampong yang menjadi kewenangannya dalam menjaga persatuan dan kesatuan gampong ditengah – tengah masyarakat.

Selain berperan menjaga ideologi Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Imum Mukim di Aceh juga memiliki peran untuk menjaga adat istiadat di setiap gampong agar terpelihara dengan baik, serta terhindar dari pengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan tatanan kehidupan di Indonesia. “Imum Mukim ini ibarat garam, bisa masuk kemana saja, mukim mitra kerja Keuchik (kepala desa),
” papar Imum Mukim Matang Keupala Zubir H Manaf. Sabtu 23 Juli 2022 saat ditemui.

Oleh karena itu, untuk menunjang kinerja imum Mukim, saya sangat berharap kepada pemerintah Aceh Timur untuk membantu satu unit sepeda motor untuk perjalan dinas Imum Mukim Matang Keupala Kecamatan Madat Aceh Timur, harap nya.

“Sudah 9 Tahun berjalan dari tahap pertama pemekaran Kemukiman Matang Keupala. Imum Mukim Matang Keupula Kecamatan Madat Aceh Timur belum diberikan sepeda motor dinas. Sedangkan untuk Imum mukim yang lain sudah diberikan, kenapa untuk mukim Matang Keupula belum ada,” ucap Zubir.

Padahal Imum Mukim sebagai pengemban amanah untuk menjaga ajaran agama Islam, pemeliharan adat istiadat, dan menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat, sudah sangat wajar diberikan satu unit sepeda motor untuk dinas, ulasnya.

“Saya juga berharap peran Imum mukim di Matang Keupala mampu melakukan komunikasi dan pembinaan yang baik kepada setiap Keuchik, sehingga dalam melaksanakan tugas dapat terhindar dari berbagai pelanggaran hukum”, tandasnya. (Raz)

banner 325x300