banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Jamaah Calon Haji Aceh Besar 408 Orang

banner 120x600

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan M Ali SSos MSi, memimpin rapat pelepasan dan peusijuek Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Aceh Besar di Aula Dr H Bukhari Daud MEd, Kantor Bupati Aceh Besar, Selasa (21/5). (Foto/hR/ Prokopim Pemkab Abes).

Kota Jantho, haba RAKYAT | Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan M Ali SSos MSi memimpin rapat penglepasan dan peusijuek Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Aceh Besar di Aula Dr H Bukhari Daud MEd, Kantor Bupati Aceh Besar, Selasa (21/5).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua MPU Aceh Besar Tgk H Nasruddin, Kakankemenag Aceh Besar H Saifuddin SE, Kadis Syariat Islam Aceh Besar Rusdi Ssos MSi, unsur Polres Aceh Besar dan OPD terkait.

Tahun ini, JCH ditambah petugas haji asal Aceh Besar berjumlah 408 orang. Mereka akan terbagi ke dalam beberapa kloter Embarkasi Aceh. Dijadwalkan, kegiatan peusijuek sekaligus pelepasan JCH Aceh Besar yang tergabung dalam Kloter 1 akan dilaksanakan di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Sukamakmur, Selasa siang (28/5).

Tercatat sebanyak 344 orang JCH asal Aceh Besar bakal menuju ke Tanah Suci melalui Kloter I ini. Sedangkan JCH lainnya akan bergabung dalam Kloter VI Embarkasi Aceh dan akan dipeusijuek pada 2 Juni 2024 seusai shalat Isya di Masjid At-Thahirah, Lamcot, Kecamatan Darul Imarah.

Dalam kesempatan itu, M Ali SSos MSi menyampaikan apresiasi kepada semua instansi terkait yang sudah mendukung dan mempersiapkan segala hal untuk kelancaran proses peusijuek dan penglepasan JCH asal Aceh Besar tersebut. ”Insya Allah, amal baik kita semua akan memperoleh pahala dari Allah SWT,” ungkap M Ali.

Kepada calon JCH, diharapkan dapat mempersiapkan diri, fokus pada ibadah selama berada di Makkah dan Madinah, serta menjaga kesehatan.

Sebagai tamu Allah, berhaji merupakan kesempatan terbaik untuk meningkatkan iman dan taqwa. Oleh sebab itulah, selalu berdoa agar perjalanan mulia ini selalu dimudahkan oleh Allah SWT.

Harapan yang sama juga diungkapkan Ketua MPU Aceh Besar Tgk H Nasruddin. Kepada semua JCH, diminta untuk selalu memanfaatkan waktu dengan memperbanyak ibadah, disiplin, dan kesabaran selama berada di Tanah Suci.

Lalu, memperbanyak doa di tempat-tempat yang mustajabah. Dengan fokus pada ibadah, diharapkan semua JCH akan memperoleh predikat haji yang mabrur.

Kadis Syariat Islam Aceh Besar, Rusdi SSos MSi mengemukakan, kegiatan peusijuek dan pelepasan JSC di Masjid Baitul Makmur Kecamatan Sukamakmur direncanakan dihadiri langsung Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM didampingi Forkopimda, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, dan OPD terkait.

Untuk itu, para JCH diharapkan hadir tepat waktu, sehingga kegiatan tersebut akan berlangsung lancar dan sukses.

”Kegiatan ini kami perkirakan akan dihadiri ribuan pengantar dan masyarakat. Mari kita dukung bersama demi suksesnya kegiatan ini,” kata Rusdi.

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Besar H Saifuddin menjelaskan, untuk tahun ini JSC Aceh Besar tergabung dalam Kloter I dan VI Embarkasi Aceh. Kloter I dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada 29 Mei 2024 dan Kloter VI pada 3 Juni 2024. Kepada calon tamu Allah tersebut, Saifuddin mengajak untuk senantiasa memperbaiki niat serta mempesiapkan diri dengan membaca kembali buku panduan manasik haji serta menghafal doa-doa yang diperlukan.

”Persiapkan diri sebaik mungkin, baca kembali buku panduan haji, istirahat yang cukup, dan jaga pola makan,” katanya. (Rel)

banner 325x300