banner 325x300

banner 728x90

JKN – KIS Bantu Ibunda Nova Berobat

banner 120x600

Aceh Barat, haba RAKYAT | Nova Rinda (17), merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen penerima bantuan iuran (PBI) APBN.

Sebagai salah satu masyarakat yang telah merasakan manfaat dari program tersebut, Nova menceritakan pengalaman ibunya yang berobat menggunakan JKN-KIS sebagai jaminan kesehatan.

“Mamak saya sudah 4 (empat) tahun berobat menggunakan JKN-KIS, bahkan awal bulan ini beliau di operasi untuk penyakit tumor payudara yang dideritanya”, ungkap nova mengawali pembicaraan, Kamis (31/03).

Seperti yang diketahui, pengobatan untuk tumor membutuhkan waktu dan biaya yang besar hingga pulih sepenuhnya, hal tersebut juga diungkapkan Nova, gadis yang berstatus sebagai pelajar di salah satu SMK Meulaboh ini menjelaskan secara rinci pelayanan yang telah dirasakannya dan keluarga selama menjadi peserta JKN-KIS.

Menurutnya, selama ini JKN-KIS telah banyak membantu perekonomiannya dan keluarga di saat sang ibu sakit dan diharuskan rutin berobat.

“Sebulan sekali mamak wajib periksa dan ambil obat, semua itu gratis karena kami sudah pakai JKN-KIS dan jika tidak ada JKN-KIS pasti mahal sekali biaya yang harus kami keluarkan”, jelasnya penuh haru.

Diungkap Nova, pelayanan yang diberikan kepada ibunya selama sakit sudah sangat maksimal, baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) maupun di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL).

“Dari puskesmas hingga kerumah sakit, semua pelayanan yang diberikan sangat bagus, bahkan mamak juga pernah dirujuk ke rumah sakit yang ada di Kota Banda Aceh dan disana pelayanan yang diberikan juga bagus walaupun kami bukan orang Banda Aceh”, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Nova juga mengungkapkan harapannya kepada BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN-KIS. Dirinya berharap agar program ini terus berlanjut agar pengobatan ibunya tetap dapat secara maksimal dan bebas biaya.

“Mamak sekarang memang masih harus berobat, jadi Nova berharapnya program ini tetap ada supaya pelayanan kesehatan mamak tetap bisa lanjut secara gratis hingga beliau sembuh total dari penyakit itu”, tutupnya. (Muhibbul)

banner 325x300