DAERAH  

Laksanakan RAT Secara Teratur dan Tepat Waktu, Kadis Perdagkop UKM Pidie Apresiasikan Primkoppol Polres Pidie

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT |Kapolres Pidie, AKBP Umam Asfali, S.I.K., M.H., membuka pelaksanaan RAT (Rapat Anggota Tahunan) Primkoppol Polres Pidie, Selasa (30/04/2024), bertempat di Aula Wira Satya Mapolres setempat.

Dalam kehadirannya pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperdagkop UKM) Kabupaten Pidie, Cut Afrianidar, S.H.,M.Si., menyampaikan apresiasinya atas RAT Primkoppol Polres Pidie yang dilaksanakan secara teratur dan tepat waktu.

“Dan kami dapat melihat bahwa dari hari ke hari Primkoppol Polres Pidie terus melakukan perbaikan dan pengembangan untuk kemajuan koperasi. Ini merupakan koperasi yang cepat berbenah, yaitu dari konvensional ke syariah”, tutur Cut Afrianidar.

Lebih lanjut Cut Afrianidar, dalam sambutan dan arahannya juga memaparkan bahwa kehadiran anggota pada RAT itu sangat penting, karena anggota merupakan pemilik koperasi yang memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan.

“Kehadiran anggota yang tinggi menunjukkan tingginya minat dan partisipasi mereka dalam berkoperasi, sehingga akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas koperasi”, ungkapnya.

Dalam RAT akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi.

“Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengevaluasi seluruh program dan kegiatan, agar pada masa mendatang kinerja akan lebih baik, dan diharapkan agar para anggota dapat memberikan saran dan ide terbaik untuk koperasi”, imbuh Cut Afrianidar.

Pada kesempatan tersebut, Kadis juga menyampaikan bahwa untuk tahun 2024 pemerintah menargetkan penumbuhan koperasi modern tingkat nasional sebanyak 500 unit.

“Kita berharap agar Primkoppol Polres Pidie dapat menjadi koperasi modern dan menjadi contoh bagi koperasi lainnya di wilayah kabupaten Pidie”, pungkas Kadis Perdagkop UKM Pidie.

Kapolres Pidie, dalam amanatnya menekankan kepada pengurus agar lebih meningkatkan kinerja layanan kepada seluruh anggota, serta dapat melaksanakan kewajibannya selaku badan koperasi yang diatur oleh Undang- undang.

Dari laporan Ketua Primkoppol tadi, telah memiliki aset sebesar Rp 7.667.471.321,- Keberhasilan ini patut disyukuri dengan cara meningkatkan kinerja, atau paling tidak mempertahankannya. Apakah melalui penambahan bidang usaha, atau dengan cara menaikkan simpanan wajib setiap bulannya.

“Hal ini tentunya tidak akan merugikan anggota, bahkan seandainya anggota pensiun atau pindah tugas, mereka akan menerima tabungannya lebih besar dan dapat menambah ongkos kepindahannya”, ungkap Kapolres.

Kapolres Pidie berharap kepada seluruh anggota Primkoppol agar membantu pengurus menyumbangkan pikiran, ide-ide demi kemajuan Primkoppol. Dan juga mengingatkan anggota tentang kewajaran pinjaman.

“Kepada para anggota agar bisa menahan diri, untuk tidak meminjam diluar batas kewajaran, sehingga tidak membuat anggota dan keluarganya sengsara”, tegas Kapolres.

Sementara itu, Ketua Primkoppol Polres Pidie, Iptu Junaidi Sulaiman, S.HI., yang juga Kapolsek Kota Sigli mengatakan, bahwa pada RAT tersebut juga telah diadakan pemilihan kepengurusan yang baru, karena kepengurusan yang lama sesuai AD/ART telah berakhir.

“Hasil pemilihan yang dilakukan dalam RAT tersebut, AKP Maksum, S.H., Kapolsek Glumpang Tiga, terpilih sebagai Ketua Primkoppol Polres Pidie yang baru”, sebut Iptu Junaidi Sulaiman.(AA/hR)

banner 325x300