Meriah, Sambut HGN SMAN 1 Blangkejeren Menggelar Syukuran

banner 120x600

Gayo Lues, haba RAKYAT | Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022, SMA Negeri 1 Blangkejeren menggelar Syukuran dengan tema Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat Indonesia Maju, Kamis (01/12/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh Kacabdin Pendidikan Aceh Basri, S. Pd beserta jajarannya, para pengawas sekolah tingkat SMA se- Gayo Lues, Ketua Komite sekolah Abdul Manaf, SE, seluruh dewan guru, Dan siswa/i SMAN 1 Blangkejeren.

Pada acara syukuran tahun ini terasa sedikit berbeda, tahun ini Perayaan Hari Guru begitu meriah dan dirasa syukuran tahun ini begitu spesial.

Hal ini disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Blangkejeren Ibu Aguswati Gulo, S. Pd. MPD didalam sambutannya. Beliau merasa sangat berbahagia dan bersukacita karena perayaan hari guru tahun ini sangat-sangat meriah dan beliau berterima kasih kepada seluruh panitia terutama pengurus OSIS SMA Negeri 1 Blangkejeren yang telah bersusah payah untuk memeriahkan acara ini.

Dalam sambutannya, Beliau memberikan apresiasi kepada seluruh dewan guru, kepada Kacabdin dan Ketua Komite beserta pengawas sekolah yang telah hadir mengikuti kegiatan dengan penuh semangat.

Selain itu beliau sebagai kepala sekolah memberikan beberapa penghargaan kepada 16 dewan guru yang meraih kategori guru inspiratif, guru kreatif, guru disiplin, dan guru digital.

“Saat ini SMA Negeri 1 Blangkejeren terus berbenah dan terus bersinergi dalam menghadapi era globalisasi dan menghadapi kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka,” ujar Ibu Aguswati.

Saat ini ada beberapa guru di SMA Negeri 1 Blangkejeren yang sedang mengikuti program guru penggerak, kata Ibu Aguswati, dan beliau berharap kepada seluruh guru penggerak yang sudah mengikuti pelatihan agar bisa menularkan ilmunya kepada guru-guru lain sehingga seluruh proses belajar mengajar saat ini bisa menyesuaikan dengan kurikulum yang terbaru yang diprogramkan oleh Menteri Pendidikan.

“Untuk saat ini SMA Negeri 1 Blangkejeren sedang berbenah dan terus melakukan perubahan menyesuaikan dengan kurikulum merdeka dan kepala sekolah berharap bapak ibu dewan guru bisa terus menyesuaikan diri melakukan perubahan mengupgrade ilmu pengetahuan sehingga peserta didik selalu merasa tertarik untuk belajar mendapatkan guru yang penuh semangat dan tidak membosankan,” ulang Ibu Aguswati.

Beliau berpesan saat ini perkembangan dunia pendidikan sangatlah pesat, untuk itu membutuhkan guru-guru yang luar biasa, membutuhkan guru-guru yang terus berubah. Oleh karen itu niat ikhlas dan kerja keras para guru sangatlah menentukan berkembang tidaknya pendidikan itu sendiri.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua Komite Sekolah Bapak Abdul Manaf, SE, Tahun ini acara syukuran digelar secara istimewa, warga sekolah, baik itu siswa/i, dewan guru dan pengawas sekolah terlihat berbaur menyatu, bersuka cita dalam menyemarakan hari guru.

Bapak Abdul Manaf juga mengatakan, agar seluruh dewan guru bisa menerapkan proses belajar mengajar dengan menggunakan kurikulum merdeka karena menurut beliau kurikulum merdeka ini bisa membawa perubahan yang besar terhadap dunia pendidikan saat ini yang terus berkembang dengan pesat.

Selain itu Ketua Komite juga berpesan agar bapak ibu dewan guru bisa membuat proses belajar mengajar yang menyenangkan terhadap peserta didik agar setiap proses mengajar dilakukan agar siswa bisa senang dalam belajar dan bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi siswa.

“Seperti contohnya, seluruh dewan guru bisa memberikan tugas-tugas terstruktur kepada seluruh peserta didik agar peserta didik bisa belajar di rumah semisal memberikan tugas-tugas di rumah yang bermanfaat bagi siswa dan bisa mengembangkan kreativitas siswa terutama di bidang ekonomi sehingga dengan memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan kebutuhan perekonomian siswa,” kata Ketua Komite .

Sementara itu dalam sambutan Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Aceh, Kabupaten Gayo Lues Bapak Basri S. Pd berpesan kepada seluruh elemen SMA Negeri 1 Blangkejeren agar bisa bersinergi dan bekerjasama yang baik untuk menerapkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka.

“Belajar saat ini, perkembangan dunia pendidikan sudah sangat pesat sehingga membutuhkan perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan untuk menyesuaikan perkembangan zaman,” sampainya.

Beliau berharap bapak ibu guru bisa terus melakukan gebrakan-gebrakan yang bisa membuat peserta didik lebih kreatif dan lebih mumpuni dalam menghadapi era globalisasi dengan diadakannya kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka.

“Bapak ibu Guru agar terus melakukan perubahan dan gebrakan mengembangkan diri dan terus berkarya untuk bisa mengupgrade ilmu pengetahuan nya sehingga bisa menyesuaikan dengan kurikulum saat ini dan itu berarti bisa menyesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan dari peserta didik saat ini sehingga SMA Negeri 1 Blangkejeren bisa lebih maju di masa-masa yang akan datang,” ujar Kacabdin.

Di sela-sela acara syukuran, Bapak Basri memberikan apresiasi kepada beberapa siswa yang telah berhasil memenangkan lomba di tingkat kabupaten dan di tingkat provinsi yaitu lomba biologi competition di Unsyiah Blang Nangka, Gayo Lues yang diadakan oleh universitas Syiah Kuala yang meraih juara 2 dan juara 3.

Juga kegiatan yang diikuti di tingkat provinsi yaitu Youth Came Anti Korupsi yang kali ini tuan rumah diadakan di Kabupaten Aceh Tengah, Takengon tepatnya di tepi Danau Laut Tawar. Bapak Kacabdin berpesan agar prestasi siswa terus ditingkatkan demi tercapainya kurikulum merdeka.

Dalam kegiatan HGN ini OSIS memberikan apresiasi kepada seluruh dewan guru beserta staf dan karyawan keluarga besar SMA Negeri 1 BLANGKEJEREN dalam bentuk cendramata atas sumbangsih guru dalam mendidik putra-putri kebanggaan Gayo Lues.

Dalam syukuran kali ini Ibu Kepala Sekolah berkesempatan memberikan apresiasi kepada seluruh bapak ibu guru dan yang teristimewa apresiasi kepada Ibu Ramlani, S Pd sebagai guru paling senior dan sudah bertugas lebih dari 20 tahun serta akan purna bhakti ( pensiun ) pada bulan Januari 2023 mendatang.

Usai acara dilanjutkan dengan persembahan tari kreasi, tari adat, drama musikal, vokal solo, pembacaan puisi, dan lain-lain yang dimainkan oleh siswa/i SMAN 1 Belangkejeren.

Para tamu undangan seolah terhipnotis menyaksikan penampilan siswa/i yang memukau dan menghibur. Sehingga acara syukuran yang digelar tersebut dinilai berjalan secara spesial dan istimewa, khususnya bagi warga SMAN 1 Blangkejeren. (Hasanuden)

banner 325x300