banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Ny. Suaidah Sulaiman Didampingi Pj Bupati Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Pidie

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT |
Penjabat Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., Selasa (22/08/2023) menghadiri pengukuhan dan Penguatan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Pidie.

Pengukuhan itu dilaksanakan oleh Bunda PAUD Kabupaten Pidie, Ny. Suaidah Sulaiman, berlangsung di Oproom Setdakab Pidie.

Sebagai referensi,
Bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintahan/kepala daerah (Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Kepala Desa/Lurah).

Atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan/kepala daerah karena perempuan, yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun).

Sedangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan pra sekolah bagi anak usia dibawah 6 tahun, yang terdiri dari TK, Kelompok Bermain, dan Tempat Penitipan Anak. Tujuannya untuk mempersiapkan anak bersekolah, masuk SD.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Pidie, Sekda Pidie, Kepala Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Aceh, Kadis DP3AKB Pidie, mewakili Kadinkes Pidie, Ketua DWP Pidie, Ketua Persit KCK Cab XIX Dim 0102/Pidie, Ketua Cabang Pidie Bhayangkari, para camat dan para pengurus Organisasi Perempuan di Pidie.

Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem, S.Pd., M.Pd., dalam laporannya pada kegiatan itu menyampaikan, Gerakan Transisi PAUD ke SD menyenangkan merupakan Kebijakan Kemendikbud Riset dan Teknologi RI Episode 2.4.

Target tersebut untuk menghilangkan miskonsepsi yang terjadi selama ini, dimana kebijakan ini sendiri mempunyai tiga target perubahan, yaitu menghilangkan Tes Calistung, menerapkan masa perkenalan lingkungan sekolah selama dua minggu, dan memastikan semua anak usia dini (0-6 tahun) mendapatkan 6 pondasi dasar pembelajaran.

Dan kebijakan ini mulai dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2023/2024. Disdikbud bersama Bunda PAUD Pidie berkomitmen penuh untuk memastikan dan menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD terlaksana dengan baik dan menyeluruh.

Berbagai upaya persiapan dilakukan sebelum tahun ajaran baru dimulai. Persiapan mulai dari Advokasi kepada kepala satuan PAUD ke SD, Pengawas PAUD ke SD dan Guru kelas awal SD.

Dilanjutkan dengan sosialisasi secara Zoom Meeting untuk menjangkau sasaran yang lebih banyak dan mengadakan pertemuan secara langsung dengan ketua komunitas PKG dan KKG. Sosialisasi juga disebarluaskan melalui media massa.

Selain berbagai persiapan tersebut, Disdikbud bersama Bunda PAUD Pidie juga melakukan Pra Monitoring ke seluruh satuan pendidikan SD untuk memastikan kesiapan sekolah, mulai dari persiapan dalam hal menciptakan suasana pembelajaran seperti di satuan PAUD dengan melakukan pengecatan ruangan kelas 1 dan 2, dan penyediaan APE yang mendukung serta berbagai upaya lainnya.

Kegiatan hari ini juga merupakan upaya Disdikbud bersama Bunda PAUD untuk menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD menyenangkan bisa terlaksana, yakni dengan mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan sebagai mitra kerja untuk membantu memantau dan menyukseskan Gerakan Transisi berjalan dengan baik di tingkat Kecamatan dan Gampong.

Pengukuhan hari ini dilakukan kepada 23 Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Pidie.

Melalui kegiatan ini, Disdikbud bersama Bunda PAUD Pidie berharap adanya satu Kesepahaman untuk Memantau, Memastikan, dan Menyukseskan tiga target utama dari Gerakan Transisi PAUD ke SD Menyenangkan, sehingga terlaksana secara menyeluruh di Kabupaten Pidie.

Dengan motto Satu Tim, Satu Tujuan, Transisi PAUD ke SD Menyenangkan, menuju Pidie Mulia. Demikian disampaikan H. Yusmadi Kasem, dalam laporannya.

Sementara itu, Pj Bupati pada sambutan pada acara tersebut mengatakan, bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Pidie dan sebagai Dewan Pembina Bunda PAUD Kabupaten Pidie, saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dalam Kabupaten Pidie.

Saya mengharapkan kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi pendidikan usia dini, serta memperlancar akses dan pelayanan PAUD di Kabupaten Pidie.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu prioritas pembangunan di bidang sumber daya manusia.

Pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia dini sangat menentukan kualitas kesehatan, intelegensi, kematangan emosional dan produktivitas manusia pada tahap berikutnya.

Pendidikan anak usia dini merupakan investasi penting bagi sumber daya manusia yang berkualitas.
Oleh karenanya pendidikan anak usia dini bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi merupakan kewajiban dan tugas orang tua dan masyarakat.

Saya menaruh harapan besar kepada para Bunda PAUD Kecamatan yang telah dikukuhkan, tunjukkanlah kemampuan ibu- ibu dalam memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan anak usia dini di Kabupaten Pidie.

Saya juga mengharapkan kepada para Camat dalam Kabupaten Pidie, selaku Dewan Pembina Bunda PAUD Kecamatan, untuk dapat berperan aktif dalam memberikan pengawasan serta ide-ide kreatif terhadap pendidikan anak usia dini.

Saya mengucapkan selamat kepada para Bunda PAUD Kecamatan yang telah dikukuhkan.

Saya juga mengajak kita semua untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD/SD/MI menyenangkan yang merupakan kebijakan Kemendikbud, Riset, dan Teknologi Episode 2.4, yang dimulai sejak tahun ajaran baru 2023/2024, pinta Pj Bupati diakhir penyampaiannya.(AA/hR)

banner 325x300