DAERAH  

Pasar Puntung Agara Dilanda Banjir, Emak-emak Beraksi Bersihkan Jalan

banner 120x600

Kutacane, haba RAKYAT | Ibu Halimah salah seorang warga dari grup emak-emak membersihkan jalan raya Desa Pasir Puntung Kecamatan Semadam Aceh Tenggara, Minggu (15/5/2022) pagi, akibat banjir yang melanda kawasan ini di malam hari.

Dalam liputan wartawan media haba RAKYAT, terlihat jalan masih tertimbun material aliran sungai irigasi dari Kampung Baru Pasar Puntung.

Menurut Kepala Desa Pasar Puntung Kec. Semadam Aceh Tenggara, Ayub Ibrahim kepada wartawan, bahwa kejadian air turun kejalan dan material menutupi jalan terjadi sekira 8.30 Wib waktu setempat, Sabtu malam (14/5).

Dijelaskan bahwa warga merasa risau dari malam, hingga pagi hari karena air berpindah ke badan jalan, sehingga mak-mak ikut partisipasi bergotong royong, bersihkan jalan raya akibat endapan material sisa luapan banjir tersebut.

Oleh karena itu ujar beliau, karena setelah penantian dari malam, baru tiba alat berat dari pemkab Agara, sekira pukul 9.25 Wib Minggu pagi (15/5/2022).

“Alat berat ini dari Pemkab Agara membersihkan ekor irigasi di sela-sela area perumahan warga,” paparnya kepada wartawan saat meliput berita ini ke lokasi kejadian.

Dalam banjir ini juga sempat melanda beberapa kawasan dalam kabupaten tanah alas Aceh tenggara, diantaranya 5 kecamatan yakni Kec. Bambel di seputar Lawe Hijau dan Kuning 1, Kecamatan Semadam di desa Pasar Puntung Kampung Baru, serta Kec. Babul Makmur dan Bukit Tusam.

“Ada beberapa desa dari atas, namun mereka masyarakat setempat telah membersihkan nya hingga Kec. Lawe Sigala-gala di Lawe Loning,” ujar Ayub.

Informasi dari data sementara, dijelaskan Kepala BPBD Agara, Najmi Deski menyebutkan korban jiwa belum ada, namun kerugian materi sedang dilakukan pendataan, pungkasnya kepada sejumlah wartawan dilaporkan lewat WA. (Sadikin)

banner 325x300