Pastikan Hewan Ternak Sehat, Satgas Penanganan PMK Polres Pidie Lakukan Pengecekan Ke Gampong

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Dengan maraknya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak di Indonesia, seperti sapi, kerbau dan kambing, Personel Satgas penanganan PMK Polres Pidie bersama instansi terkait dan perangkat gampong, giat melakukan antisipasi.

Halnya pengecekan bersama Ulee Sagoe (Kadus) gampong Blang, Kecamatan Mila, Pidie, pada Selasa (12/07/2022). Di gampong tersebut Personel Polres
melakukan pendataan dan pengecekan ternak

“Di Gampong Blang, Mila, Satgas Penanganan PMK sempat melakukan pengecekan terhadap ternak milik salah seorang warga, Sukiat. Ada 10 ekor sapi kita periksa, dan semua sehat, tidak terkena Virus PMK,” Sebut Kapolres Pidie, AKBP Padli, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kabag Ops, AKP H.G. Tanjung, S.H.

Para peternak sudah melakukan berbagai upaya antisipasi secara mandiri, berupa penyuntikan dan pemberian Jamu herbal serta penyemprotan kandang, agar tidak terjangkitnya virus tersebut.

“Apabila ditemukan hewan ternak yang terkena Virus PMK, langsung saja lakukan pembersihan kandang dan juga segera laporkan ke pihak Gampong atau Posko Satgas, juga bisa langsung ke Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpang) Pidie,” sebut Kabag Ops. (AA/hR)

banner 325x300