banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Pemkab Pidie Raih UHC Awards 2023 dari Wapres RI

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Bersama pemerintah daerah lainnya, Pemkab Pidie, Provinsi Aceh, meraih penghargaan di bidang layanan kesehatan, Universal Health Coverage (UHC) Award 2023. Penghargaan tersebut diterima Pj Bupati Pidie, Ir. H. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr (HC) K.H. Ma’ruf Amin, Selasa (14/03/2923) di Balai Sudirman, Jakarta.

Kabag Prokopim Setdakab Pidie, Teuku Iqbal, S.STP., M.Si., yang ikut serta bersama Pj Bupati, menyampaikan, Awards ini kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang sudah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan yang telah melakukan integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan pemerintah daerah sesuai ketentuan Perpres 82 Tahun 2018, Permendagri 84 Tahun 2022, serta Inpres 1 Tahun 2022.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Dan pemerintah, sejak 2014 telah berupaya untuk membentuk suatu system jaminan kesehatan yang mencakup seluruh masyarakat Indonesia, sebut Teuku Iqbal.

“Salah satu upaya yang ditempuh adalah melalui program JKN yang dikelola oleh BPJS. Pencapaian UHC melalui mekanisme asuransi sosial tersebut agar pembiayaan kesehatan dapat dikendalikan sehingga keterjaminan pembiayaan kesehatan menjadi pasti dan terus menerus tersedia, dengan tujuan akhir tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, jelas Kabag.

Pada kesempatan tersebut, kata Kabag, Wakil Presiden, bapak K.H Ma’ruf Amin, mengapresiasikan pemerintah daerah yang telah konsisten dalam rangka mendukung program jaminan kesehatan nasional, guna meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat.

JKN terbukti membawa dampak positif, tercatat 248 juta jiwa atau sekitar 90,3 % penduduk Indonesia saat ini sudah memiliki perlindungan kesehatan dari program strategis nasional sejak 2014 ini, demikian salah satu poin disampaikan Wakil Presiden pada acara tersebut, kata Kabag Prokopim.

“Semoga UHC Award ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, dan UHC ini merupakan wujud kehadiran pemkab dalam upaya memastikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Dan ini berkat kerja keras kita semua”, ungkap Kabag, mengutip ucapan Pj Bupati.

Pada Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI ini, Pj Bupati Pidie turut didampingi oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, dr. Neni Fajar.

Kemudian, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pidie dr. Armanusah M. Thaib, Kabag Prokopim Setdakab Pidie, Teuku Iqbal, S.STP., M.Si., serta Plt Kabag Umum, Drs Akmal. (AA/hR)

banner 325x300