banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Salah Satu Komoditas Pertanian Yang Cukup Berkompeten dan Memiliki Protein Tinggi

banner 120x600

Babinsa Koramil 08/Rantau, Koptu Eko, ketika membantu petani dalam proses panen kacang hijau. (Foto/ hR/ Muharram Syafri)

Aceh Tamiang, haba RAKYAT
Kacang hijau merupakan salah satu komoditas hasil pertanian yang cukup berkompeten dan banyak diminati oleh para konsumen. Selain kandungan proteinnya yang terbilang cukup tinggi dan berserat, kacang hijau juga dapat menjadi bahan pokok alternatif pengganti nasi bagi kalangan yang sedang diet.

Hal tersebut disampaikan, Babinsa Koramil 08/Rantau, Koptu Eko ketika membantu proses panen kacang hijau yang dilakukan oleh petani di Desa Jamur Labu, Kecamatan Rantau, pada Senin (3/6/2024).

Disela -sela proses pemanenan, Koptu Eko mengatakan, ia membantu proses panen kacang hijau secara langsung agar para petani lebih semangat lagi dalam menekuni budidaya kacang hijau.

“Budidaya kacang hijau harus dikembangkan mengingat peranannya yang cukup penting yakni sebagai salah satu bahan pokok, bahan dasar olahan makanan maupun minuman sehingga stoknya harus selalu stabil,” terangnya.

“Harapan saya, para petani tetap mempertahankan dan memaksimalkan budidaya kacang hijau di lahannya. Apabila memungkinkan, setahun dapat dilakukan hingga 3 kali panen demi ketahanan bahan pangan di wilayah,” tuturnya. (ms)

banner 325x300