DAERAH  

Semburan Sumur Minyak, Dua Pekerja Kritis Seorang Meninggal Dunia

banner 120x600

Foto korban musibah semburan sumur minyak yang mendapat perawatan pada rumah sakit Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak.

Aceh Timur, haba RAKYAT | Dikabarkan dua orang mengalami luka bakar dan seorang meninggal dunia dalam ledakan sumur minyak tradisional, bekas peninggalan Asamera Oil di sekitar kawasan perkebunan sawit PT. PPP, tepatnya Gampong Seunebok Lapang, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur, tepatnya sekitar kawasan perkebunan sawit PT. PPP, Kamis (13/10/2022) sekira pukul 04.30 WIB.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, dari salah seorang pekerja yang menjadi saksi mata pada kejadian itu mengatakan, pada kejadian itu, Zaini Kaoy (40) warga Gampong Cek Bon, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur mengalami luka bakar.

Selanjutnya, M. Amin (19) warga Gampong Blang Barom, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur mengalami luka bakar, Seorang lagi atas nama David (33) warga Gampong Bukit Seumat, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, meninggal dunia pada musibah itu.

Menurut keterangan saksi mata, saat sedang mengerjakan pengeboran, tiba tiba mesin kompresor mati dan para pekerja memperbaikinya.

Sekira pukul 23.00 WIB, para pekerja melanjutkan pekerjaan kembali untuk mengangkat/mencabut selang yang terpasang di dalam sumur/telaga sumur tersebut karena mesin kompresor mati.

Saat pekerja melakukan pencabutan selang disertai dengan keluarnya gas dari dalam sumur dan seketika itu terdengar ledakan dan menimbulkan api langsung para pekerja melarikan diri.

Adapun dari keterangan scurity pada PT. Perusahaan perkebunan mengatakan, sekira pukul 23.40 WIB mendengar suara ledakan dibelakang pos penjagaan.

Lalu scurity bersama rekanya keluar dari Pos penjagaan dan melihat asap dan disertai oleh api dengan ketinggian ± 20 meter ke atas.

Menurutnya, tidak lama berselang tiba tiba dua berlari seraya meminta pertolongan karena mengalami luka bakar. Melihat kondisi itu, langsung menghubungi kepala security untuk melaporkan kejadian tersebut.

Selanjutnya meminta pertolongan mobil untuk membawa korban ke RSU Sultan Abdul Azis Syah Peureulak serta menghubungi Polsek Peureulak Timur dan Koramil 13/Plkt.

Mendapat laporan tersebut pihak Polsek Peureulak Timur dan Koramil 13/Plkt menuju ke lokasi serta melihat 1 (Satu) orang jenazah korban kebakaran masih tergeletak di bawah pohon sawit.

Korban meninggal dunia, inisial David akan disemayamkan pada esok hari di TPU Gampong setempat. Sementara, kedua korban luka bakar di rujuk ke RSU Zainal Abidin Banda Aceh.

Dugaan sementara terbakarnya sumur minyak disebabkan belum dapat disimpulkan. Saat ini kejadian tersebut telah ditangani oleh polres Aceh Timur untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Namun, hingga berita ini di tayangkan belum mendapatkan informasi resmi dari pihak berwenang. (HR 02)

banner 325x300