banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

“Siapa Yang Menguasai Teknologi Adalah Yang Menguasai Peradaban” Sekda Pidie Mengutip Amanat Menkominfo Pada Harkitnas

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Pidie menggelar Upacara di Halaman Tengah Kantor Bupati setempat, Senin, (20/05/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pidie, Drs. Samsul Azhar membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Budi Arie Setiadi.

Dalam amanat Menkominfo, Sekda menyampaikan,
“Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia”.

Hari-hari ini hingga dua dekade kedepan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua, imbuhnya.

Menkominfo juga menyampaikan bahwa kiat berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.

Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru, sebutnya.

Lebih lanjut, Menkominfo menyampaikan bahwa banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi.

“Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban”, ungkap Sekda dari kutipan amanat Menkominfo RI.

Dititik ini, gambarannya makin jelas, tanpa penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong “Indonesia Emas”.

Sementara itu, di hadapan kita telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

“Sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi”, ujar Sekda Pidie, mengutip Sambutan Menkominfo.

Melanjutkan Amanat Menkominfo, Sekda mengatakan bahwa Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital.

Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan”, imbuhnya.

Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu.

“Dititik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”. Mari kita rayakan Kebangkitan Nasional kedua menuju “Indonesia Emas”, ucap Sekda diakhir amanat Menkominfo RI.

Tampak mengikuti upacara ini, Kapolres bersama unsur Forkopimda lainnya, para Staf Ahli, para Asisten, para Kepala SKPK, para Pimpinan Instansi Vertikal, para Kepala Bagian, serta Camat dalam Kabupaten Pidie.(AA/hR)

banner 325x300