banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

556 JCH Aceh Utara Dipeusijuek, Tertua 94 Tahun dan Termuda 21 Tahun

banner 120x600

556 Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh Utara yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini ditepungtawari (dipeusijuek), Rabu (22/05) di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon. (Foto/ hR/ Ist)

Aceh Utara, haba RAKYAT
Sebanyak 556 Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh Utara yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini ditepungtawari (dipeusijuek) pada Rabu (22/05) yang dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Aceh Utara.

Giat peusijuek yang digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Utara ini turut dihadiri Pj Bupati Aceh Utara yang diwakili Plh Sekda Dr. Fauzan, SSTP, MPA, para pejabat Forkopimda Aceh Utara, sejumlah Kepala SKPK dan Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara, para Camat dan Kepala KUA se-Aceh Utara serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Penjabat Bupati Aceh Utara diwakili oleh Plt Asisten I Setdakab Dr Fauzan, SSTP, MPA dalam sambutannya mengatakan, peusijuek untuk merupakan tradisi yang harus ditumbuh-kembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, karena kegiatan itu mengandung pesan-pesan religius yang sangat mendalam, seperti yang kita lakukan terhadap para Jamaah Calon Haji.

“Mereka adalah tamu-tamu Allah yang akan diberangkatkan ke Baitullah, maka muliakanlah mereka ini,” ujarnya.

Para JCH diingatkannya untuk senantiasa memelihara kebersamaan, kekompakan, persatuan dan kesatuan. “Jagalah nama baik dan sesampai di sana, berdoalah agar kita semua mendapat perlindungan dan ridha Allah SWT,” pintanya.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara, Drs. H Maiyusri, M.Ag pada kesempatan itu melaporkan, jumlah Calon Haji dan Hajjah Aceh Utara tahun 2024 sebanyak 556 orang, terdiri dari 203 laki-laki dan 353 perempuan.

“Dua orang Calon Haji laki-laki merupakan jamaah tertua berusia 94 tahun, atas nama Abubakar Nafi Adam dan Abas Muhammad Risyad, keduanya dari Kecamatan Sawang, sedangkan Calon Haji laki-laki termuda atas nama Asrarul Fahmi asal Kecamatan Baktiya, berusia 21 tahun,” sebutnya.

Lanjut Kakankemenag, Calon Hajjah perempuan tertua sebanyak satu orang, berusia 94 tahun, atas nama Maryam Puteh Aji dari Kecamatan Baktiya dan Calon Hajjah perempuan termuda sebanyak dua orang, masing-masing berusia 27 tahun, atas nama Alya Rahmatiz Zahra asal Kecamatan Samudera dan Nanda Rahmatillah Muhammad Thaher asal Kecamatan Muara Batu.

JCH asal Aceh Utara terbagi dalam empat Kelompok Terbang (Kloter), yakni Kloter 3, Kloter 7, Kloter 8 dan Kloter 9 embarkasi Banda Aceh. Kloter 3 sebanyak 336 orang berasal dari 17 kecamatan bergabung dengan JCH asal Banda Aceh. Sedangkan dalam Kloter 7 sebanyak 212 orang berasal dari 11 kecamatan bergabung dengan JCH Kota Lhokseumawe.

Sementara Kloter 8 sebanyak 2 orang berasal dari satu kecamatan bergabung dengan JCH asal Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya dan Gayo Lues. Terakhir, Kloter 9 sebanyak bergabung dengan JCH Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur dan Bireuen.

“Jamaah Calon Haji Aceh Utara Kloter 3 akan berangkat ke Tanah Suci pada 31 Mei 2024, Kloter 7 pada tanggal 3 Juni 2024, Kloter 8 pada tanggal 6 Juni 2024, dan Kloter 9 pada 7 Juni 2024,” rinci H. Maiyusri. (Yoes)

banner 325x300