banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Bupati dan Ribuan Warga serta Forkopimda Aceh Utara Shalat ‘Ied di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon

banner 120x600

Aceh Utara, haba RAKYAT | Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib bersama ribuan masyarakat Lhoksukon dan sekitarnya melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah, di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, Senin (02/05).

Kegiatan Shalat ‘Ied juga dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah pejabat dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Aceh Utara, Muspika Lhoksukon, Ormas Islam dan para ulama serta tokoh masyarakat.

Pelaksanaan Shalat ‘Ied dipimpin Imam Besar Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Tgk.Jamaluddin Ismail yang akrab disapa Walidi. Sementara itu, bertindak sebagai khatib pada pelaksanaan shalat ‘ied kali ini Tgk. Mukhtar Ibrahim pimpinan Dayah Muda Gampong Aramiyah, Birem Bayeun Aceh Timur.

Dalam khutbah singkatnya, Tgk. Mukhtar menyampaikan rasa syukur kepada Allah, bahwa kita telah menunaikan ibadah puasa ramadhan dan telah memenuhi undangan Allah Swt di masjid ini dalam rangka melaksanakan shalat berjamaah Idul Fitri.

“Sebagai hamba Allah yang beriman, jadikan dunia merupakan amal dan akhirat sebagai negeri pembalasan. Syurga bagi orang yang ada maharnya, yaitu memberikan keampunan atau kemaafan,” ujarnya.

“Saling memaafkan dan bersilaturrahmi merupakan aset menuju syurga,” tambah sang khatib.

Maka untuk itu, katanya momentum Idul Fitri, jadikan sebagai pembuka pintu maaf bagi kesalahan siapa saja.

Lebih lanjut, khatib mengungkapkan, sebagai seorang anak harus taat dan patuh kepada orangtua. Dosa dengan orang tua merupakan durhaka dan dapat mengundang khusnul khatimah.

“Hari ini, pulang dan cari ayah dan ibu, bersujud dan memohon maaf kepadanya. Cari kemaafan orangtua kita dan bila telah tiada, ziarahi pusaranya seraya mengirimkan doa dan bersedekah serta niatkan pahalanya kepada mereka yang telah tiada,” ajak Tgk. Mukhtar.

Dikatakan, syariat Islam sebagai referensi dalam kehidupan. Mengikuti Allah dan RasulNya adalah kemenangan yang paling besar untuk jalan menuju syurga.

“Jalinkan silaturahim atau persaudaraan dan hilangkan keangkuhan dan kesombongan dengan saudara-saudara kita agar mendapat maghfirah Allah Swt,” harapnya.

“Jadilah manusia yang sukses di dunia, di alam kubur dan di akhirat nanti,” pungkas Tgk. Mukhtar.

Usai shalat Idul Fitri, Bupati H. Muhammad Thaib bersama Forkopimda Aceh Utara berkesempatan bersalam-salaman dengan para jamaah seraya diwarnai lantunan salawat. (Yoes/hR)

banner 325x300