DAERAH  

Cut Amira Firdausya Bintang Sobat SMP, Kadisdikbud Pidie : Ini Program Kemendikbudristek Sebagai Role Model Peserta Didik Kita

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Bintang Sobat SMP, adalah program untuk menjaring peserta didik jenjang SMP yang berjiwa Profil Pelajar Pancasila dan menjadi Role Model bagi teman sebayanya.

Dan sebagai ekosistem pendukung dalam memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat bagi peserta didik di Indonesia.

Pendaftar program ini mewakili Kab/Kota daerah tempat sekolah masing- masing. Diantara syaratnya yaitu, mengunggah vidio kreatif tentang profil diri sendiri menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

Mengunggah vidio menceritakan data diri, minat, keterampilan yang dimiliki. Juga menggunggah surat izin orang tua/wali tentang kepesertaan ke tautan www.ditsmp.kemdikbud.go.id/bintang-sobat-smp/

Hasil pengumuman program ini, dari 1552 pendaftar, hanya 82 siswa dari seluruh Indonesia yang lolos, termasuk Cut Amira Firdausya, siswi SMPN 2 Sigli.

“Tujuan program ini menjaring para siswa/i SMP yang dapat menerapkan Profil Pelajar Pancasila, dan membentuk siswa/i sehingga bisa menjadi Role Model dalam bidang pendidikan”, jelas Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem, S.Pd., M.Pd., Kamis (23/05/2024).

Selain itu, kata H. Yusmadi Kasem, program ini juga untuk membentuk ekosistem pendukung di lingkungan Direktorat SMP sebagai agen informasi bagi peserta didik di Indonesia.

Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMP kelas VII dan VIII tahun ajaran 2023/2024, sambung Kadisdikbud.

“Kita memberikan peluang dan mendorong pengembangan bakat serta minat para siswa/i sebagai talenta untuk pengembangan diri, sehingga bisa jadi kebanggaan daerah, dan ini sesuai dengan arah dan pengembangan pendidikan dari Pj Bupati Pidie, bapak Wahyudi Adisiswanto”, demikian keterangan Kadisdikbud Pidie.

Peserta dari Pidie, Cut Amira Firdausya mengakui motivasinya mengikuti Bintang Sobat Indonesia,” Saya sangat tertarik menjadi Bintang Sobat SMP, karena saya ingin mendapatkan wawasan, pengalaman, melatih kepercayaan diri, dan mendapatkan teman- teman baru dari seluruh Indonesia”, ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Sigli, Rina Asmiati, M.Pd., mengatakan bahwa program Direktorat SMP Kemendikbudristek ini memberi peluang bagi peserta didik untuk mengembangkan prestasi mereka.

“Tidak hanya secara akademik, tetapi juga secara non akademik program ini melatih mereka dalam mengembangkan kemampuan dan kecakapan hidup”, ujar Kepala SMPN 2 Sigli, Rina Asmiati.(AA/hR)

banner 325x300