banner 728x250

MAPIM Malaysia Bantu Pengungsi Rohingya ke 3 di Bireuen

banner 120x600
banner 468x60

Bireuen, haba RAKYAT | Majlis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia (MAPIM) mengirim bantuan kemanusiaan untuk 107 pengungsi Rohingya yang ditampung di Balai Kantor Camat Desa Buya Pasi, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen.

Bantuan tersebut dikirim oleh Penyelaras Mapim Shah Alam Selangor Malaysia, H. Badaruddin bin Dawam melalui rekannya di Bireuen, Umar A Pandrah.

banner 325x300

Umar A Pandrah kepada kepada Media ini menjelaskan, bantuan dari Mapim dikirim dalam bentuk uang, kemudian dibelanjakan kebutuhan bahan-bahan makanan.

“Mereka (Penyelaras Mapim) kirim uang melalui Saya untuk dibelanjakan bahan bahan makanan, diserahkan kepada warga Rohingya di Jangka dan sudah diterima oleh pengungsi,” ujar Umar A Pandrah, Senin (18/4/2022) usai menyerahkan bantuan tersebut.

Menurut Umar A Pandrah, bantuan berupa beras, telur, minyak goreng, mie instan, Syrup dan makanan Roti diterima langsung oleh pengungsi yang didampingi petugas Posko pengungsian.

“Bantuannya memang tidak seberapa nilainya, tapi ini bentuk kepedulian dari sahabat muslim kita di Malaysia, semoga bermanfaat,” ucap Umar A Pandrah yang berprofesi sebagai wartawan dari anggota PWI Bireuen.

Amatan media ini di lokasi, kondisi pengungsi Rohingya yang terdampar di Kabupaten Bireuen pada Senin, 18 April 2022 sungguh sangat memprihatinkan. Mereka saat itu menempati Aula Kantor Camat tidak layak huni, karena belum ada tempat penampungan yang sempurna.

Menurut Sekretaris Kecamatan Jangka Juanda di Posko pengungsian, Aula Kantor Camat yang ditempati pengungsi Rohingya laki laki dan Perempuan tidak aman dari keselamatan dan bahkan tujuh orang sudah melarikan diri.

“Kalau malam mereka tidur kesempitan seperti tadi malam mereka semua tidur berdesakan,” ungkap Juanda.

Juanda menambahkan, kondisi kesehatan para pengungsi juga mulai menurun.

“Ada beberapa orang yang sakit, termasuk satu wanita hamil,” pungkasnya. (Red)

banner 325x300