Pemkab Aceh Besar Dukung Program Pengabdian Fakultas Kedokteran Hewan USK

banner 120x600

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto didampingi Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar SP MSi menerima audiensi Dekan FKH USK drh Teuku Reza Ferasyi MSc PhD bersama tim di Dekranasda, Gani, Selasa (19/9/2023). Foto/MC Aceh Besar.

Aceh Besar, haba RAKYAT | Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad iswanto SSTP MM mendukung program pengabdian Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) Universitas Syiah Kuala (USK) yang akan dilaksanakan di Kuta Baro Aceh Besar.

Hal itu disampaikan Iswanto didampingi Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar SP MSi pada saat menerima audiensi Dekan FKH USK drh Teuku Reza Ferasyi MSc PhD bersama tim di Dekranasda, Gani, Ingin Jaya, Selasa (19/9/2023).

Pj Bupati Iswanto mengatakan Aceh Besar salah satu daerah yang memiliki potensi dan populasi peternakan yang cukup signifikan, sehingga butuh dukungan semua elemen termasuk FKHP USK dalam upaya peningkatan pemahaman peternak dan sebagainya. Sehingga Pemerintah sangat terbuka dengan kegiatan-kegiatan pengabdian yang telah direncanakan dengan baik.

“Pemerintah dalam hal peternakan ini, terbukti serius dalam menangani persoalan PMK yang terjadi tahun lalu, dan kegiatan yang akan dilakukan FKH USK ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan Pemkab Aceh Besar selama ini,” ujarnya.

Dekan FKH USK Teuku Reza Ferasyi, mengatakan, kegiatan pengabdian juga merupakan kolaborasi USK dengan Pemkab Aceh Besar dalam mewujudkan pilot project usaha mandiri berbasis masyarakat gampong untuk memenuhi kebutuhan gizi dari bahan pangan asal hewan yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) dari lingkungan sekitar.

“Selain itu, pengabdian ini juga memberikan informasi terkait urgensi penerapan konsep one healt dalam upaya pengendalian kasus stunting di Aceh,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pertanian Aceh Besar Uzir S.Pt MSi melaporkan kegiatan pengabdian akan dicanangkan pada 4 Oktober 2023 dengan tema Pemberdayaan Masyarakat untuk Pencegahan Stunting melalui kegiatan usaha mandiri dan konsumsi bahan pangan asal hewan yang ASUH di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar.

“Kegiatan akan dilaksanakan pada 4 Oktober nanti dengan melibatkan akademisi dan mahasiswa dari FKH USK,” pungkas Uzir. (Rel)

banner 325x300