banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Puluhan Hektar Lahan dan Hutan di Glee Taron Mata Ie Terbakar

banner 120x600

Petugas saat sedang menjinakkan api pada Kebakaran hutan dan lahan lokasi gunung Glee Taron Mata Ie, Aceh Besar Minggu (8/5) sore. (Photo/hR/Ism).

Aceh Besar, haba RAKYAT | Puluhan hektar hutan dan lahan yang berada di gunung Glee Taron Mata Ie Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar Minggu (8/5) dimangsa api.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil S Sos MSi mengatakan, petugas piket Pemadam Kebakaran BPBD Kab. Aceh Besar, menerima informasi tentang adanya kejadian kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan pegunungan Glee Taron Mata Ie tersebut.

“Menurut keterangan petugas pemadam kebakaran di lokasi kejadian tersebut juga telah mengakibatkan kepulan asap tebal serta api yang membakar lahan terus menjalar dan meluas yang terbakar di perkirakan seluas kurang lebih 10 Ha,” katanya.

Petugas Pemadam kebakaran BPBD kabupaten Aceh Besar setelah menerima informasi kata Ridwan Jamil langsung bergerak kelokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

“Petugas mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran kelokasi kejadian dan didukung oleh 19 personil pemadam serta di bantu satu unit armada suplai air dari pemadam kota Banda Aceh,”ujarnya didampingi Operator Pusdalops PB M Iqbal.

Ridwan Jamil menerangkan luasnya lahan yang terbakar dan berada di perbukitan, membuat petugas kewalahan dalam melakukan upaya pemadaman dikarenakan tidak ada akses jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan untuk mencapai lokasi.

“Petugas yang dibantu oleh personil TNI dari kesatuan 112, melakukan upaya dengan pemadaman manual serta penyemprotan ke area yang bisa dijangkau oleh petugas pemadam.

Dalam melakukan pemadaman di lokasi kejadian petugas Pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Aceh Besar, dibantu oleh personil TNI (Koramil setempat/ kesatuan 112) POLRI (Polsek setempat), RAPI, ERPA dan Masyarakat setempat.

Usaha pemadaman baru selesai dilakukan oleh petugas pada pukul 18.45 Wib. “Penyebab terjadinya kebakaran sendiri belum di ketahui pasti namun sudah dalam penanganan pihak yang berwajib,” pungkasnya. (Ril)

banner 325x300