DAERAH  

Puncak HUT RI Ke-78 Di Aceh Utara, Pj Bupati Jadi Inspektur Upacara

banner 120x600

Acara puncak Peringati HUT RI Ke-78 sebagai Inspektur Upacara adalah Penjabat Bupati Aceh Utara Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si, dan komandan upacara Kapten Inf Mijan Ajhar, S.T.Han, Danki Pan A Yonif RK 113/JS Brigif 25/Siwah) yang dipusatkan di Lapangan Landing Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, Kamis (17/08).

Aceh Utara, haba RAKYAT | Sebagai acara puncak memperingati HUT RI Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara menggelar upacara pengibaran bendera merah putih yang dipusatkan di Lapangan Landing Kecamatan Lhoksukon, Kamis (17/08).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Penjabat Bupati Aceh Utara Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si, dan komandan upacara Kapten Inf Mijan Ajhar, S.T.Han Danki Pan A Yonif RK 113/JS Brigif 25/Siwah). Sementara Komandan Pasukan Paskibra Letda Inf Runggu Asido Nainggolan dari Satuan Yonif Raider Khusus 113/Jaya Sakti. Sedangkan Komandan Peleton Paskibra dipercayakan kepada Jamaluddin asal SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, dan Sri Aya Sofya dari SMA Swasta Iskandar Muda sebagai pembawa baki bendera.

Pengibar tengah Yaumil Vara Billa dari SMA Negeri 1 Dewantara, dan pengibar kanan Ahmad Khatami dari SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye serta pengibar kiri Aulia Pratama asal SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Anggota Paskibra Aceh Utara tahun ini berjumlah 35 orang. Mereka adalah Para pelajar SMA, MA dan SMK direkrut dari sekolah-sekolah dalam wilayah Aceh Utara. Selain itu, juga ada dari satuan TNI/Polri yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Upacara pengibaran bendera dimulai pukul 08.30 WIB dengan Perwira Upacara Teuku Zawin Nufus, S.Tr.IP (analis keuangan pada BPKD Aceh Utara). Pembawa acara Chandra Guepta, S.Sos, Pembaca Teks Pembukaan UUD ‘45 oleh Sudadi (pengurus DPD KNPI Aceh Utara), dan pembacaan doa oleh Drs. Tgk. H. Maiyusri, M.Ag (Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara).

Setelah pelaksanaan upacara, Pj Bupati Mahyuzar dan seluruh pejabat Forkopimda, sekira pukul 09.45 WIB kembali mengikuti pelaksanaan upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara online dari Istana Kepresidenan Jakarta yang dihadiri Presiden. Kegiatan ini berlangsung di aula Kantor Bupati Aceh Utara.

Pj Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh komponen pemerintah dan swasta, serta unsur masyarakat, atas terlaksananya upacara pengibaran bendera HUT RI Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI dalam jajaran Pemkab Aceh Utara, khususnya kepada petugas Paskibra yang telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dan sempurna, tanpa cacat, sehingga pelaksanaan upacara berlangsung khidmat.

“Kami mengapresiasi kepada seluruh anggota Paskibra, tim pelatih dan instruktur, serta koordinator pelatih dari Kodim 0103/Aceh Utara yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran dalam membina Paskibra Aceh Utara tahun 2023 ini,” kata Azwardi.

Upacara pengibaran bendera ini turut dihadiri seluruh pejabat Forkopimda Aceh Utara, di antaranya dari Korem 011/Lilawangsa, LANAL Lhokseumawe, Kodim 0103/Aceh Utara, Polres Aceh Utara, Kejari Aceh Utara, Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon Muhifuddin, MH, Komandan Brigif Raider Khusus 25/Siwah Lhoksukon, Ketua DPRK Aceh Utara Arafat Ali, SE, para Wakil Ketua DPRK, Sekda Dr. A. Murtala, M.Si, para Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekdakab, Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara Drs. H. Maiyusri, M.Ag, para Kepala OPD, para Camat, Kabag, serta seluruh ASN jajaran Pemkab Aceh Utara, satuan TNI/Polri, pengurus Ormas dan OKP, serta sejumlah pelajar.

(Yoes)

banner 325x300