banner 325x300

banner 728x90

Rakerda Dekranasda Provinsi Aceh 2022 di Aceh Tengah Resmi Dibuka

Exif_JPEG_420
banner 120x600

Aceh Tengah, haba RAKYAT | Rombongan Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah disambut tarian Guel, saat menjejakan kaki di kantor Bupati Aceh Tengah, tempat pelaksanaan acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Prov. Aceh Tahun 2022, Jum’at (03/06).

Rakerda Dekranasda Aceh 2022, mengusung tema “Optimisme Membangkitkan Kreatifitas Pengrajin Melalui Sinergitas Inovasi dan Teknologi”. Rangkaian pembukaan acara ini, diawali pentas tari dari sanggar tari SMP 10 Takengon.

Rangkuman pembukaan acara Rakerda berikutnya, laporan panitia dari Ketua Dekranasda Aceh Ir. Dyah Erti Idawati MT, diselingi penyerahan bantuan usaha kepada seluruh pengrajin di aceh, secara simbolis diwakili penerima dari Kecamatan Bebesen Kab. Aceh Tengah.

Selanjutnya dilanjutkan sambutan Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar yang menyatakan bangga dan mengapresiasi kegiatan Dekranasda di Aceh Tengah.

Bupati Shabela menyebut terlaksananya hajatan besar Dekranasda wilayah Provinsi Aceh di Kota Takengon, menjadikan semangat dan  motivasi bagi para pelaku usaha, dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, khususnya pegiat ekonomi kreatif, UMKM dan sektor pariwisata Kabupaten Aceh Tengah.

Lebih lanjut, pembukaan itu diselingi oleh sambutan langsung Ketua Umum Dekranasda Hj. Wury Ma’ruf Amin, berlangsung secara virtual.

Sementara Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, dalam sambutanya saat membuka secara resmi Rakerda mengatakan, para pengrajin di Aceh tetap semangat dan optimis dalam menjalankan industri-industri yang telah bergerak selama ini dari rumah-rumah penduduk.

Selain itu diterangkanya, “Berbagai kegiatan di sektor ekonomi saat ini terus ditingkatkan, begitu juga infrastruktur, termasuk pembangunan jalan dan jembatan diupayakan secepatnya dapat segera selesai,” ujar Gubernur.

Dalam kegiatan Rakerda diselenggarakan tahun ini, diikuti peserta dari berbagai kabupaten/kota se Aceh, diantaranya stand dari Kab. Aceh tengah, Kota Sabang, Kab. Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Kab. Gayo Lues, Kab. Bireuen, Kab. Aceh Timur, Kab. Aceh Barat, Kota Lhokseumawe, Kab. Nagan Raya, Kab. Pidie, Kab. Simeulue, Kab Abdya, Kab. Aceh Selatan, Kota Banda Aceh, Kota Subulussalam, Kab. Bener Meriah, Kab. Aceh Utara, Kab. Aceh Tamiang, Kab. Aceh Besar, Kota Langsa, Kab. Aceh Jaya.

Juga terdapat stand kesehatan dari Dinas Kesehatan Kab. Aceh tengah yang terdiri dari 6 orang tenaga kesehatan PSC 116 per harinya.

Pengusaha Tembakau Gayo, Yudi selaku pimpinan perusahaan PR. UD Kretek Gayo, pengisi salah satu stand, untuk momen ini mereka hadir dengan produk unggulan Kretek dan Filter, diantaranya Kretek Seulanga, Kretek Muger dan produk terbaru Filter Top 9 yang bekerjasama dengan perusahaan PR. Kalpataru Surabaya.

Untuk selanjutnya Yudi menerangkan, inovasi kedepan akan dicoba mengembangkan produk tembakau berjenis liquid untuk rokok elektrik.

Peresmian pembukaan Rakerda Dekranasda dari pantauan wartawan media haba RAKYAT, dihadiri oleh Gubernur Aceh, Ketua Dekranasda Aceh, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Prov. aceh, Anggota DPRA Hendra Budian dan Alaidin Abuabas, Bupati Aceh Tengah Drs, Sabela Abubakar, Bupati/Walikota dan perwakilan se- Aceh, Anggota DPRK Bener Meriah dan delegasi Dekranasda Kabupaten/Kota di Aceh. (Erwin)

banner 325x300