DAERAH  

Sekda Sulaimi Lepas 47 Jamaah Calon Haji Aceh Besar

banner 120x600

Sekdakab Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi memberikan bingkisan dan ucapan selamat kepada Jamaah Calon Haji Kabupaten Aceh Besar Tahun 2024 di Masjid Ath-Thahirah Gampong Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar,
Minggu (02/06/2024) malam.
(Foto/MC Aceh Besar).

Aceh Besar, haba RAKYAT | Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Besar Drs. Sulaimi M.Si melepas 47 Calon Jamaah Haji (CJH) dari Aceh Besar yang tergabung di kloter VI Embarkasi Aceh di Masjid Ath-Thahirah Gampong Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Minggu (2/6/2024) malam.

Pada kesempatan itu Sekda Aceh Besar Sulaimi menyampaikan terimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan berbagai mulai dari bimbingan, manasik haji hingga sampai embarkasi Aceh.
“Dan ini merupakan amal ibadah bagi panitia,” ujarnya.

Sulaimi juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah Haji kepada para CJH yang sesaat lagi akan menuju ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam ke lima. “Semoga saudara sekalian memperoleh haji yang mabrur. Amin Ya Rabbal ‘alamin,” ucapnya.

Selanjutnya Sulaimi mengatakan, bahwa perjalanan para CJH ke tanah suci ini adalah untuk beribadah dan bukanlah perjalanan biasa.

Oleh karena itu, Sulaimi berharap agar CJH dari Aceh Besar bisa melaksanakan ibadah dengan tertib dan khusyu’ dengan mentaati aturan dan jadwal yang telah ditetapkan oleh Penyelenggara Haji yakni Pemerintah Arab Saudi serta mengikuti petunjuk dan panduan yang telah diberikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji setempat.

“Kami berharap agar CJH dari Aceh Besar nanti bisa melaksanakan ibadah dengan tertip dan khusyu’ sesuai dengan peraturan didaerah setempat,” ungkapnya.

Sulaimi menjelaskan bahwa mengerjakan ibadah haji ke tanah suci makkah al-mukarramah disamping sebagai ibadah kepada Allah SWT juga para calon jamaah haji dituntut untuk memperhatikan hubungan dan manfaat lainnya yang perlu dibina dan dipupuk dalam melaksanakan ibadah haji ini, yaitu pertama para CJH harus memupuk ukhuwwah islamiyah dengan seluruh calon jamaah haji baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri sehingga citra kita akan terkesan baik dan indah dimata kaum muslimin sedunia.

Yang kedua Sulaimi mengatakan, bahwa para CJH harus memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan yang lebih erat sesama calon jamaah haji indonesia pada umumnya dan daerah pada khususnya.

“Kepada seluruh calon jamaah haji ini agar di tanah suci nanti tidak lupa untuk mendoakan agar Allah SWT tetap memberikan kedamaian dan kesejahteraan kepada kita semua di Kabupaten Aceh Besar,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kankemenag Aceh Besar H Saifuddin SE dalam laporannya menyampaikan malam ini ada 47 orang CJH Aceh Besar yang akan diberangkatkan ke Asrama Haji Aceh untuk dilakukan pengecekan dan besok malam mereka akan diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

“Ada 47 CJH ini mulai masuk Asrama Haji, berangkat ke Makkah dengan GIA 2106 pada pukul 22.40 WIB, penerbangan pulang kembali ke Indonesia pada tanggal 15 Juli 2024 pukul 11.55 WAS dan tiba di tanah air pada tanggal 16 Juli 2024 pukul 00.05 WIB,” ujarnya.

Selanjutnya Saifuddin mengatakan ke 47 CJH pada kloter VI tersebut terdiri dari 19 orang CJH laki-laki dan dan 28 orang CJH perempuan.

“Yang muda Mariana berusia 43 tahun dari Gampong Suka Mulia, Kecamatan Jantho, sedangkan yang tua Sunainan berusia 94 tahun dari Gampong Lambaro Deyah, Kecamatan Kuta Baro,” sebutnya.

Saifuddin mengatakan hingga saat ini CJH dari Aceh Besar yang sudah sampai di tanah suci mulai dari kloter I hingga kemarin kloter V tidak ada yang sakit.

“Alhamdulillah semua jamaah haji dari Aceh Besar yang sudah sampai ke tanah suci semuanya sehat-sehat, semoga saja CJH malam ini juga sama yaitu sehat-sehat semua hingga sampai kembali ke bumi Aceh juga sehat,” pungkas.

Kami berpesan kepada para jamaah haji agar bisa menjaga dii disana dan mengikuti semua peraturan disana, karena berbeda tempat berbeda juga aturannya, apalagi disana di negeri orang, jadi baik-baiklah disana dalam berkomunikasi dan menjaga lisan.

Semoga Allah memberikan kesehatan agar disana bisa mengikuti semua rukun haji.
Semoga ibadah haji dijalankan bisa makbrur.

Hadir Ketua DPRK Aceh Besar Iskandar Ali S.Pd, M.Si, Ketua DWP Aceh Besar Sri Wahyuna SH, MH, Kadis Syariat Islam Aceh Besar Rusdi SSos MSi, Kadis DPMG Aceh Besar Carbaini SAg, Kadis PUPR Ir Syahrial Amanullah, Kemenag Aceh Besar H. Saifuddin SE, Ka TU Kemenag Aceh Besar Khalid Wardana, Personil Dishub Aceh Besar, Personil Satpol PP dan WH Aceh Besar, Camat dan Forkopimcam Darul Imarah beserta Calon Jamaah Haji dan masyarakat setempat. (Rel)

banner 325x300