Siswi MTsN 2 Aceh Utara Raih Juara Favorit Penulisan Cerpen Se-Aceh

banner 120x600

Mauliza, siswi kelas IX.A MTsN 2 Aceh Utara bersama guru pembinanya, Yuhafliza, S.Pd, M.Pd. (Foto. Yoes)

Dra. Khairunnisak Idris, Kepala MTsN 2 Aceh Utara.

Aceh Utara – haba RAKYAT | Tinta prestasi siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Aceh Utara Provinsi Aceh terus terukir, setelah salah seorang siswi terbaiknya memperoleh penghargaan sebagai Juara Favorit pada Sayembara Penulisan Cerita Pendek (Cerpen) Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA Se-Aceh.

Kepala MTsN 2 Aceh Utara, Dra. Khairunnisak Idris mengatakan, cerpen karya Mauliza, siswa kelas IX A tersebut mampu bersaing dengan ratusan cerpen yang masuk ke meja redaksi panitia. Perlombaan yang diselenggarakan oleh HIMPBI mengusung tema “Menumbuhkan Sikap Literasi Bagi Siswa untuk Bercerita dan Menggapai Cita-cita”. Dengan predikat Juara Favorit tersebut, Mauliza berhak menerima dana pembinaan, thropy dan sertifikat penghargaan serta karyanya yang berjudul “Sempurna” akan segera dirilis dalam buku Antologi Cerpen, ungkapnya kepada haba RAKYAT, Jum’at (18/03).

“Ini merupakan salah satu misi program literasi madrasah di bawah binaan guru bidang studi Bahasa Indonesia, Yuhafliza, S.Pd, M.Pd. yang bertujuan memotivasi peserta didik menjadi penulis-penulis muda Aceh berbakat,” ujarnya.

Tak hanya itu lanjutnya, madrasah yang telah dinobatkan sebagai Madrasah Inovasi, tepatnya pada Rabu, 16 Maret 2022 berdasarkan putusan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Utara menerima penghargaan sebagai Peringkat Kedua pada kegiatan Asesmen dan Pendampingan Madrasah (ASPENMAD) di lingkungan Kantor Kemenag Aceh Utara tahun 2021.

Pada kegiatan ekspos hasil Aspenmad ini, kata Khairunnisak, peringkat pertama kategori tingkat Tsanawiyah diraih MTsN 7 Aceh Utara, kemudian disusul MTsN 2 Aceh Utara dan peringkat ketiga disandang MTsN 3 Aceh Utara.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan Aspenmad di madrasah kami, baik pihak Kankemenag Aceh Utara, Tim Aspenmad beserta Pengawas, Komite Madrasah dan para guru/pegawai hebat saya maupun steakholder madrasah lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Mauliza saat dikonfirmasi media ini menuturkan, dengan prestasi yang telah diperoleh ini menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk terus berkarya demi masa depan.

“Alhamdulillah, suatu kebanggaan berhasil meraih hasil maksimal dengan karya sendiri, dan merasa ketika membawa karya sendiri, saya lebih bisa mengekspresikan dan menjiwai, ketimbang membawakan puisi karya orang lain,” tulis Mauliza dalam pesan WhatsApp nya kepada haba RAKYAT.

Semoga MTsN 2 Aceh Utara terus mengukir prestasi di dunia pendidikan sebagai pembuktian bahwa madrasah tersebut layak dinobatkan sebagai Madrasah Inovasi dan menjadi kebanggaaan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara. (Yoes/hR)

banner 325x300