banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Tak Pernah Turun Kelokasi Limbah Abu Kayu, Kabid LH Sergai Dituding Makan Gaji Buta

banner 120x600

Foto. Kantor DLH Kab Sergai.

Serdang Bedagai – haba RAKYAT | Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara, dituding warga tidak mampu mengemban tugasnya dengan baik.

Tidak hanya itu, Warga juga menuding Kabid hanya makan gaji buta semata.

”Kabid DLH hanya makan gaji buta semata, masa Kabid tidak pernah turun langsung ke lokasi melihat permasalahan serbuk abu yang mengancam kesehatan warga. Ini malah yang turun cuma kepala seksi (Kasi) saja,” ujar warga kepada awak media, Jumat (18/03/2022).

Menanggapi tudingan warga tersebut, M Alhuda selaku Kabid Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH), saat dikonfimasi awak media via Seluler, Jumat (18/03/2022), menjelaskan alasan kenapa Kabid tidak turun langsung kelokasi Limbah serbuk abu kayu yang diduga disebabkan oleh PT BASJ yang beroperasi di Desa Paya Pasir Kecamataan Tebing Syahbandar, Kab. Sergai tersebut.

” Kami (Kabid, red-) tidak turun kelokasi karena tidak ada mandat dari Kadis bang. Kadis memberikan mandat ke Kasi Gakkum bang. Kalau ada mandat pasti lah kami turun bang. Jadi tidak benar kami hanya makan gaji buta saja bang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hedi Novria saat dikonfimasi awak media beberapa hari lalu melalui Seluler milik Sekretaris mengatakan, tidak menurunkan Kabid ke lokasi adalah merupakan hak seorang Kadis.

” Tidak saya turunkan Kabid itu adalah hak saya ,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Dalam Permasalahan limbah serbuk abu kayu ini, 2 orang Kepala Bidang (Kabid) yang seharusnya turun cek ke lokasi namun tidak turun, yakni Kabid P2KLH dan Kabid Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). (Said Tarmidi Assegaf)

banner 325x300