banner 325x300

banner 728x90

UD. Kretek Gayo Aceh Resmikan Produk Filter Pertama di Aceh

banner 120x600

haba RAKYAT – Aceh  Tengah | UD. Kretek Gayo Aceh meluncurkan produk terbaru, jika sebelumnya perusahaan rokok di Kabupaten Aceh Tengah tersebut populer memasarkan kretek hasil produksi tangan, saat ini telah mampu mengembangkan produk baru ke unit usaha kretek mesin (Filter).

Lounching tanda diresmikan nya pemasaran kretek mesin diproduksi UD. Kretek Gayo Aceh, secara simbolis ditandai dengan pemotongan pita dari Kakanwil Bea Cukai Aceh yang diwakili oleh Kepala Kantor Bea Cukai Lhokseumawe, Agus Siswadi.

Peresmian peluncuran produk baru tersebut berlangsung  Senin siang (29/04/24), bertempat di Pabrik Rokok UD. Keretek Gayo Aceh yang berlokasi di Jalan Mes Time Ruang Kampung Kemili, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah.

Acara ini selain dihadiri pejabat Bea Cukai bersama rombongan, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Kab. Aceh Tengah, Kepala Dinas Perkebunan Kab. Aceh Tengah, dihadiri juga dari berbagai undangan pengusaha tembakau Gayo.

Kepala Kantor Bea Cukai Lhokseumawe, Agus Siswadi, usai peresmian di sela sela kegiatan meninjau mesin produksi rokok, kepada media mengungkapkan apresiasinya terhadap Direktur UD. Kretek Gayo Aceh.

“Tentu kita mengucapkan syukur Alhamdulillah, perkembangan yang bagus dari usaha industri Pak Wahyudi (Direktur UD. Kretek Gayo Aceh, -Red) yang sebelumnya memproduksi sigaret kretek tangan, sekarang sudah meluaskan usahanya dengan membeli mesin. Dan hari ini adalah launching untuk membuat sigaret kretek mesin,” ujar Agus.

Ditambahkannya, sigaret kretek mesin nantinya sebagai tambahan dari Muger Kretek dan Seulanga Kretek yang telah diproduksi sebelumnya. Keberadaan mesin ini diyakini dapat memicu produksi rokok UD. Kretek Gayo Aceh menjadi semakin meningkat.

“Sebagai tambahan dari Muger Kretek dan Seulanga Kretek, menjadi Muger Filter dan Seulanga Filter. Yang Muger menjadi Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Seulanga menjadi Sigaret Putih Mesin (SPM). Tentunya ini akan mempercepat produksi, sehingga nanti dapat memperbanyak produksi. Harapan nya tentu nanti dapat diterima pasar”.

Keberadaan UD. Kretek Gayo Aceh yang kini telah memproduksi Sigaret Kretek Mesin atau Filter ini dikatakan Kepala Bea Cukai Lhokseumawe baru pertama dan satu satunya di Provinsi Aceh. “Baru pertama dan satu satunya di Provinsi Aceh, sehingga menjadi perintis untuk produksi rokok kretek mesin”.

Sementara itu untuk pajak cukai rokok dari Kabupaten Aceh Tengah, pada tahun sebelumnya dikatakan Agus mencapai hingga lebih dari 500 juta. Dengan adanya produksi terbaru rokok kretek mesin dari UD. Kretek Gayo Aceh, diharapkan mampu meningkatkan pendapatan cukai hingga lebih dari 1 Milyar pada tahun berikutnya.

“Kalau sebelumnya dari Aceh Tengah itu lima ratus sekian juta ya, harapanya nanti bisa menembus diatas satu milyar. Ya, Mudah mudahan, Aamiin. Tentunya dengan harapan yang tinggi mencapai diatas satu milyar bahkan dua milyar, itu berarti perubahan pencapaian usaha. Disisi penerimaan cukai lebih baik dan meningkat, disisi lain dari Pak Wahyudi dan teman teman para pengusaha hasil tembakau juga lebih baik,” tuturnya.

Selanjutnya Kepala Bea Cukai Lhokseumawe menjelaskan, saat ini pemerintah pusat terus berkolaborasi bersama instansi vertikal, bersinergi melakukan pembinaan di wilayah tengah Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Tengah sebagai sentra produksi tembakau ke lima terbesar nasional. 

“Pemerintah pusat, Dirjend Bea Cukai dan instansi vertikal maupun instansi pemerintah daerah, tentunya kami disini dari Bea Cukai bersama dari Dinas Perdagangan dan Industri dan Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh Tengah, melakukan kolaborasi dan sinergi bersama untuk melakukan pembinaan, karena Kabupaten Aceh Tengah punya potensi yang luar biasa, termasuk penghasil tembakau ke lima terbesar di Indonesia, namun belum optimal dalam industri pengolahan hasil tembakaunya.  Harapanya tidak hanya kita menyediakan bahan baku, tapi proses menjadi barang jadi yang tentu menjadi nilai tambah yang lebih baik,” terang Agus.

Sementara itu dikesempatan sama, Manajer Pemasaran UD. Kretek Gayo Aceh, Erwin, kepada media menyampaikan informasi penting kepada para konsumen maupun pebisnis yang ingin bergabung dalam pemasaran produk rokok UD. Kretek Gayo Aceh, dapat menghubungi bagian marketing, melalui nomor kontak Hp-WA, 0823-6262-9022. (Rilis)

banner 325x300