Berkah Ramadhan, MIN 12 Aceh Utara Gelar Tausiyah dan Santuni Anak Yatim

banner 120x600

Aceh Utara, haba RAKYAT | Memasuki hari ke-19 di Bulan Ramadhan 1443 H yang penuh berkah ini, menjadi ajang silaturahmi dan kebersamaan keluarga besar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 12 Aceh Utara dalam acara tausiyah dan santunan anak yatim serta buka bersama. Kamis, (21/04).

Bertempat di madrasah setempat, kegiatan buka bersama dirangkai dengan santunan anak yatim dan tausiyah yang diisi oleh Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA.

Amatan media ini, acara yang dikemas sesederhana mungkin itu berlangsung penuh khidmat dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kakankemenag dalam tausiyah singkatnya mengajak untuk bersyukur, beliau juga mengingatkan untuk selalu menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat, yang merupakan karakter yang harus dimiliki oleh seorang muslim.

“Seorang Muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain. Inilah bagian dari implementasi konsep Islam yang penuh cinta, yaitu memberi,” imbuhnya.

H. Salamina melanjutkan, sebagai seorang hamba yang masih diberikan umur dan kesehatan, manfaatkan sisa usia yang masih ada. Alasan apapun yang hendak didesain manusia untuk lolos dari cengkraman maut tetap sia-sia.

“Usaha yang seyogyanya dilakukan adalah memanfaatkan usia ini dengan sebaik mungkin, sebelum ajal datang menjemput,” pintanya.

Selain itu katanya, memanfaatkan ilmu dan harta serta fisik yang dimiliki selama hayat masih dikandung badan.

“Gunakanlah masa sehatmu sebelum sakitmu, gunakanlah masa mudamu sebelum tuamu. Gunakanlah masa sempatmu sebelum datang masa sempitmu, gunakanlah masa kayamu sebelum miskinmu, dan gunakanlah masa hidupmu sebelum datang masa matimu,” ungkap Kakankemenag Aceh Utara.

Sebelumnya, Kepala MIN 12 Aceh Utara, Muhsin, M.Pd.I mengatakan, kegiatan santuni anak yatim merupakan agenda tahunan di madrasah yang dipimpinnya itu. Berharap, kegiatan yang mulia ini agar terus berlanjut untuk masa-masa mendatang, terutama di bulan yang penuh berkah ini.

“Terimakasih atas kebersamaan dan sumbangsihnya para dewan guru dan pegawai MIN 12 Aceh Utara yang telah berpartisipasi untuk menyukseskan acara ini, dan mari berbuat kebaikan dimanapun kita berada selama kita masih bisa,” pungkas Muhsin.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kasi Pendidikan Madrasah Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA, Analis Kepegawaian Kankemenag Aceh Utara, Amiruddin, S.Pd, Kepala dan Komite Madrasah, aparatur pemerintah gampong setempat dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Yoes/hR)

banner 325x300