banner 325x300

banner 728x90

KIP Aceh Tengah Laksanakan Sosialisasi Pemilu 2024 kepada Mahasiswa KKN dan Pemilih Pemula di Silih Nara

banner 120x600

Aceh Tengah, haba RAKYAT | Untuk meningkatkan partisipasi pemilih serta memberikan edukasi terkait kepemiluan pada Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah laksanakan giat sosialisasi bagi pemilih pemula yang bekerjasama dengan Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan KKN (P3KKN) Universitas Syiah Kuala bagi mahasiswa KKN Kolaborasi Angkatan XXI di Kecamatan Silih Nara, Aceh Tengah.

Dalam hal ini Ketua KIP Aceh Tengah, Sertalia dan Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Mukhlis menjadi pemateri dalam sosialisasi bagi pemilih pemula yang diselenggarakan di Balai Desa Bius Utama pada Senin, 20 Juni 2022.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk Kampung Bius Utama, Ratna Idayati dan Koordinator KKN Kolaborasi Kecamatan Silih Nara, Vivi Silvia beserta dengan Reje Kampung dan Aparatur Desa.

Dalam keterangannya, DPL KKN Kampung Bius Utama menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pemilih pemula yang sebelumnya belum pernah memilih.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program mahasiswa KKN yang bertujuan untuk memberikan edukasi bagi adik-adik yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang,” kata Ratna Idawati.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Tengah dalam paparannya memberikan edukasi terkait Pemilu mulai dari siapa saja yang menjadi penyelenggara Pemilu hingga syarat-syarat menjadi pemilih pada Pemilu 2024.

“Untuk menjadi pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya, salah satu syaratnya yaitu harus berusia 17 tahun ketika hari pemilihan atau pemungutan suara berlangsung,” ungkap Sertalia.

Kemudian, Ketua Divisi Parmas dan SDM KIP Aceh Tengah mengungkapkan Mahasiswa KKN merupakan perpanjangan tangan KIP Aceh Tengah dalam menyampaikan informasi terkait Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

“Secara defacto mahasiswa KKN sudah menjadi bagian keluarga besar KIP Aceh Tengah yang nantinya dapat menjadi penyampai informasi terkait kepemiluan kepada masyarakat,” ujar Mukhlis.
Mukhlis juga berharap Mahasiswa KKN nantinya dapat memberikan pengetahuannya terkait Pemilu 2024 kepada masyarakat di desanya masing-masing.

“kami berharap Mahasiswa KKN dapat mentransfer pengetahuannya terkait Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang,” tambah Mukhlis.

Selanjutnya Kegiatan ini ditutup dengan sesi diskusi dan sharing bersama Mahasiswa KKN dan penyerahan sertifikat oleh DPL Desa Bius Utama kepada KIP Aceh Tengah. (Rel- Tama/Humas)

banner 325x300