banner 325x300

banner 728x90

Jelang Asesmen Madrasah, MIN 30 Aceh Utara Gelar Sosialisasi Bagi Wali Murid

banner 120x600

Sosialisasi Asesmen Madrasah berbasis Computer Bassed Test (CBT) kepada orangtua/wali peserta didik kelas 6 pada MIN 30 Aceh Utara, Jum’at (03/05) pagi. (Foto/ hR/ Ist)

Aceh Utara, haba RAKYAT
Menjelang pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) tahun pelajaran 2023/2024, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 30 Aceh Utara menggelar sosialisasi bagi orangtua/wali peserta didik kelas VI (enam), Jum’at (03/05) pagi.

Mengawali sambutannya, Kepala MIN 30 Aceh Utara, H. Muhammad Yusuf, S.Pd.I menyampaikan beberapa informasi seputar proses pembelajaran kelas 6 dan pelaksanaan Asesmen Madrasah yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 18 Mei 2024.

“Asesmen merupakan suatu penilaian yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) yang ditetapkan,” ujarnya.

Dikatakannya, penilaian bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan capaian pembelajaran peserta didik yang akan menjadi dasar untuk menentukan kelulusan dari satuan pendidikan.

Teknis asesmen atau penilaian yang akan dilakukan pihak madrasah kali ini dengan mengajak para wali murid memanfaatkan teknologi, yaitu Computer Bassed Test (CBT), sekaligus sebagai langkah memperkenalkan teknologi kepada anak didik.

Hal ini disambut hangat para orangtua/wali murid dalam momen tanya-jawab dengan pihak madrasah dan mendukung serta berupaya untuk dapat terselenggaranya asesmen berbasis digital.

“Mari secara bersama-sama kita upayakan untuk suksesnya asesmen madrasah dengan segenap kemampuan yang kita miliki, baik fasilitas yang ada dari bapak-ibu maupun yang dimiliki madrasah,” ajak Kepala MIN 30 Aceh Utara.

Pihak madrasah sangat berharap adanya kerjasama agar anak didik kita fokus dalam menghadapi asesmen madrasah tahun ini. “Semoga anak-anak kita lulus dengan hasil yang memuaskan dan siap melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya,” ujar H. Yoes yang juga Ketua KKMI Aceh Utara.

Sementara sebelumnya, Hamzir Suweri, S.Pd selaku Wali Kelas 6 juga menyampaikan, bahwa persiapan kegiatan akhir untuk seluruh siswa-siswi kelas 6 bukan hanya menjadi tugas bapak-ibu guru di madrasah, karena guru hanya bisa mengawasi ketika proses pembelajaran di madrasah. Selebihnya pengawasan terhadap anak-anak tentunya juga menjadi tugas dan tanggungjawab bapak dan ibu selaku orangtua.

“Kami meminta dukungan serta peran aktif bapak-ibu selaku orang tua/wali untuk menghimbau anak-anak kita agar memperhatikan persiapannya dalam menghadapi asesmen nantinya,” harap Hamzir.

Dalam kesempatan itu juga, operator madrasah Azhari, ST menjelaskan tentang proses dan teknis penilaian berbasis komputer kepada orangtua peserta didik, sehingga orangtua murid bisa memahami sedikit banyaknya pelaksanaan asesmen madrasah atau penilaian dengan teknis CBT.

“Untuk itu, pada Senin tanggal 6 Mei 2024, kami akan melaksanakan Try Out sebagai langkah awal kepada mereka (siswa-siswi) sebelum asesmen madrasah dilaksanakan,” tutupnya. (Red)

banner 325x300