DAERAH  

Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Buka Pembinaan Dasawisma di Gampong Baet Lampuot

banner 120x600

Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani memberi sambutan dan pembinaan Dasawisma PKK di Gampong Baet Lampuot, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar, Rabu (17/04). (Foto/hR/MC Aceh Besar).

Aceh Besar, haba RAKYAT | Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM menghadiri dan sekaligus membuka pembinaan Dasawisma dalam rangka untuk meningkatkan tertib Administrasi dan wawasan kader TP PKK tingkat Gampong, bertempat di Meunasah Gampong Baet Lampuot Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar, Rabu (17/04).

Dalam sambutannya, Cut Rezky Handayani menyampaikan, dasawisma tidak jauh dari peran para ibu-ibu atau kader PKK di suatu Gampong (Desa).

“Sesuai namanya, dasawisma secara singkat merupakan himpunan atau kelompok dari sepuluh ibu yang berasal dari sepuluh kepala keluarga (KK),” katanya.

Menurutnya, kader yang tergabung dalam dasawisma tersebut secara konkret memiliki tugas dan perannya yang penting. Diantaranya Salah yaitu menjalankan program bersama hingga menertibkan administrasi.

“Mulai dari arisan, pembuatan kebun bersama, hingga membangun sanitasi yang sehat. Semua kegiatan dasawisma tak lain bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup di dalam rumah tangga,” sebut Cut Rezky.

Ketua TP PKK Cut Rezky Handayani juga menyampaikan apresiasi atas kinerja kader PKK Gampong Baet Lampuot dalam menjalankan 10 program pokok TP-PKK. Karena, tidak menutup kemungkinan, pihak dari Kabupaten, bisa juga mengadopsi atau belajar dari Gampong dan Kecamatan yang bina.

“Saya juga mengapresiasi terkait keberhasilan dalam penanganan stunting di Gampong Baet Lampuot. Alhamdulillah, angka stuntingnya zero, saya berharap tolong dipertahankan,” paparnya.

Ia meminta kepada ketua TP PKK Kecamatan untuk lebih giat lagi mensosialisasikan pencegahan stunting melalui ibu hami Kurang Energi Kronis (KEK).

“Karena, tahun ini fokus kita pada ibu hamil KEK dan anak beresiko stunting 1- 2 tahun, kalau ibunya hamil KEK, maka otomatis 80 % anaknya lahir beresiko stunting,” pungkas Cut Rezky Handayani.

Diakhir kegiatan pembinaan Dasawisma, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani bersama rombongan mengunjungi kebun milik salah satu kader PKK tingkat Kecamatan Suka Makmur. (Rel)

banner 325x300